Rayakan Kesuksesan di Kancah WRC, Toyota Rilis Dua Edisi Khusus GR Yaris
Toyota GR Yaris RZ High Performance Sebastien Ogier Edition dan Kalle Rovanpera Edition. (Dok. Toyota Global)

Bagikan:

JAKARTA - Toyota baru saja meluncurkan GR Yaris versi facelift beberapa waktu lalu dengan peningkatan performa dan pembaruan desain.Namun, perusahaan asal Jepang ini juga merilis dua edisi khusus pada model ini.

Pabrikan asal Jepang ini merilis edisi spesial GR Yaris, yakni GR Yaris RZ High Performance Sebastien Ogier Edition dan Kalle Rovanpera Edition. Peluncuran dua model ini dalam rangka merayakan kesuksesan perusahaan di kancah World Rally Championship (WRC) lewat kedua pembalapnya, yakni Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera.

Akio Toyoda, selaku Chairman Toyota Motor Corporation, mengatakan kedua model ini juga dihadirkan sebagai rasa hormat dan terima kasih kepada para pembalap dan seluruh kru yang mengasah dan mengembangkan mobil reli di kancah dunia.

"Saya sampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada para pembalap yang mengasah dan mengembangkan mobil kami di reli, kepada semua tim yang memberikan kami kesempatan tersebut, dan kepada penyelenggara reli dan semua pihak yang terlibat, serta kepada para penggemar,” kata Toyoda dalam laman resmi perusahaan, Jumat, 26 Januari.

7

Berbeda dari versi lainnya, mobil ini memiliki kemampuan mode 4WD yang dikembangkan secara khusus untuk kedua model ini. Pabrikan juga mengembangkan kedua model ini sesuai dengan karakteristik kedua pembalap tersebut.

Untuk Ogier Edition, terdiri dari tiga mode, yakni Morizo Mode yang dapat menyalurkan tenaga dan memaksimalkan traksi di trek balap, kemudian Seb Mode yang memastikan kinerja belokan roda depan dan belakang dapat memaksimalkan performa dalam kecepatan tinggi, dan Normal Mode untuk rutinitas sehari-hari.

Kemudian, Rovanpera Edition diberi Donut Mode yang menawarkan kemampuan drifting yang maksimal pada bagian roda belakang dan menstabilkan ban depan, lalu Kalle Mode bekerja melalui kontrol yang memaksimalkan penggunaan diferensial belakang kecepatan konstan yang dipasang tambahan, memungkinkan mengayunkan bagian belakang kendaraan secara agresif saat memasuki tikungan dan menarik bagian depan kendaraan menggunakan akselerator saat keluar dari tikungan. Sedangkan, Normal Mode memiliki kemampuan seperti GR Yaris lainnya.

Kedua model ini memiliki perbedaan lainnya, terdiri dari penyetelan sayap belakang yang berbeda, warna eksterior yang berbeda dengan Ogier Edition mengusung warna Matte Stealth Gray dan Rovanpera Edition yang memadukan tiga warna sekaligus terdiri dari hitam, putih, dan merah khas dari Gazoo Racing (GR).

7

Meskipun memiliki beberapa perbedaan lainnya, kedua model ini memiliki badge kalungan bunga WRC pada bagian interiornya, membuat mobil ini semakin spesial sekaligus mengenang prestasi kedua pembalap ini.

Diluncurkan pada sebelum reli Monte Carlo baru-baru ini, mobil ini hanya tersedia secara terbatas dengan masing-masing 100 unit dan mengusung format undian khusus pasar Jepang.

Diketahui, Sebastien Ogier merupakan salah satu legenda di dunia reli yang telah menorehkan delapan kali gelar juara dunia WRC, dengan dua di antaranya bersama Toyota Gazoo Racing World Rally Team (TGR-WRT) pada tahun 2020 dan 2021.

Sementara itu, Kalle Rovanpera merupakan pembalap reli asal Finlandia yang telah memperoleh dua kali juara dunia WRC pada 2022 dan 2023 lalu bersama TGR-WRT sekaligus mencatatkan rekor sebagai jawara termuda dalam kompetisi ini dengan usia 22 tahun 1 hari, mengalahkan catatan sebelumnya dari Colin McRae pada tahun 1995 di usia 27 tahun 89 hari.