Hyundai Tengah Mempersiapkan Sedan Berperforma Tinggi Generasi Berikutnya
Hyundai i30 Sedan N atau Elantra N Performance. (Dok. Hyundai Motor Group)

Bagikan:

JAKARTA - Hyundai tengah mempersiapkan kedatangan generasi berikutnya dari i30 Sedan N. Pabrikan asal Korea Selatan ini merencanakan peluncuran model tersebut pada sekitar tahun 2026 mendatang.

Albert Biermann, yang menjabat sebagai Executive Technical Advisor Hyundai, mengungkapkan bahwa mereka sedang merancang sedan performa tinggi ini agar dapat menyesuaikan dengan mesin 4-silinder 2,5 liter turbocharged yang telah digunakan pada Sonata N Line.

"Saya pikir kita masih dapat mencapai tingkat tenaga yang hebat, mungkin setara dengan yang ada saat ini,” ungkap Biermann seperti yang dilaporkan oleh Drive, Rabu, 22 November.

Namun, Biermann juga menyiratkan kemungkinan bahwa model tersebut dapat dilengkapi dengan mesin terbaru, dengan pertimbangan visi perusahaan yang semakin memusatkan perhatian pada elektrifikasi dan kebijakan emisi yang semakin ketat.

Sementara hot hatch i30 N dan i20 N akan dihentikan di Eropa karena aturan emisi yang semakin ketat, mobil dengan nama lain 'Elantra' ini tetap akan tersedia di pasar seperti AS, Korea Selatan, dan Australia, di mana regulasi tersebut tidak diberlakukan.

“Australia aman, Amerika akan aman, tapi seseorang harus mengambil keputusan. Pasar selain itu, lupakan saja," tambah Biermann.

Dengan aturan emisi yang semakin ketat, kendaraan bertenaga bensin berperforma tinggi mungkin tidak sesuai untuk banyak pasar di seluruh dunia.

Sebagai gambaran performa generasi berikutnya, i30 N atau Elantra N diharapkan akan mengusung mesin Sonata N Line, yaitu mesin 2,5 liter turbocharged yang mampu menghasilkan tenaga hingga 213 kW dan torsi sebesar 422 Nm, yang akan dipasangkan dengan sistem transmisi dual-clutch delapan percepatan.