Inilah Squadra Corse Istimewa Lamborghini yang akan Ikuti Balapan 12 Hours Sebring dan 24 Hours Le Mans di 2024
Lamborghini Huracan STO SC 10° Anniversario. (Dok. Automobili Lamborghini)

Bagikan:

JAKARTA - Lamborghini baru saja meluncurkan Huracan STO SC 10° Anniversario, sebagai bentuk perayaan 10 tahun berdirinya divisi balap dan berperforma milik pabrikan, Squadra Corse.

Mobil sport tersebut memiliki tampilan lebih ciamik berkat penyematan beberapa kit yang dikembangkan oleh divisi tersebut.

Rouven Mohr, selaku Chief Technical Officer dari Automobili Lamborghini, mengatakan bahwa kehadiran mobil ini tidak hanya mengenang divisi Squadra Corse, melainkan mendemonstrasikan apa yang diimplementasikan di trek balap ke produk jalan raya.

“Kami sangat yakin bahwa motorsport adalah tempat pengujian paling canggih secara teknis dan menantang, serta pengetahuan Squadra Corse adalah aset berharga yang pantas untuk disorot pada model unik dan seri jalan terbatas dengan panggilan balap,” kata Mohr dalam laman perusahaan, Kamis, 16 November.

7

Mobil ini mengusung livery ala mobil balap Lamborghini SC63, prototipe hybrid yang akan diikutkan dalam kelas utama Hypercar atau GTP dalam balap ketahanan paling bergengsi, seperti 12 Hours Sebring dan 24 Hours Le Mans pada tahun 2024, yang memadukan warna Verde Mantis (hijau) dan Nero Noctis (hitam).

Terdapat logo “Squadra Corse 10° Anniversario” pada kedua sisi pintu. Logo Squadra Corse juga ditampilkan pada shark fin bagian belakang Huracan STO tersebut demi mengoptimalkan segi aerodinamika.

Mobil ini juga dipasangkan paket serat karbon lengkap yang mencakup garis Rosso Mars (merah) yang menutupi seluruh bodywork dan memberikan tampilan STO SC 10° Anniversario yang lebih sporty.

8

Bagian interior menawarkan nuansa balap yang kental dengan jok bergaya sport dilapisi Nero Ade Alcantara dengan jahitan Verde Fauns serta dilengkapi sabuk pengaman empat titik. Untuk menambah sisi keamanan, dihadirkan juga roll bar aluminium.

Konfigurasi interiornya dilengkapi dengan penutup lantai serat karbon dan plakat eksklusif, juga terbuat dari serat karbon, ditempatkan di dinding belakang yang menegaskan keunikan mobil ini. Meskipun tampil seperti layaknya mobil balap, Huracan STO SC 10° Anniversario dinyatakan legal untuk dijalankan di jalan raya.

Berbasis dari Lamborghini Huracan STO, pabrikan asal Italia tersebut masih mempertahankan mesin V10 5,2 liter dengan tenaga yang mencapai 631 dk dan torsi maksimal 565 Nm. Untuk membuat para penggemar otomotif terkesima, Lamborghini menghadirkan sistem pembuangan dari Akrapovic yang dapat menghasilkan yang menggelegar dari mesin 10-silinder tersebut.