Bagikan:

JAKARTA- Kia menarik kembali (recall) model Borrego sebanyak 22.700 unit untuk pasar Amerika Serikat. Kebijakan ini diambil dikarenakan adanya masalah pada airbag.

Dikutip dari laman Carscoops, Sabtu, 21 Oktober, penarikan kembali ini berdampak pada model 2009 yang diproduksi untuk pasar AS antara Mei 2008 hingga 20 Januari 2009. Selain itu, 68 unit untuk model tahun 2010-2014 yang dijual di wilayah AS juga terdampak.

Menurut keterangan Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA), komponen lain yang ada di perangkat airbag samping akan terlepas sehingga dapat meningkatkan risiko cedera.

Masalah ini baru terdeteksi ketika pada Agustus lalu Kia melakukan recall pada model Optima tahun 2012-2013. Model tersebut mengalami masalah serupa.

Beruntung hingga saat ini masalah yang terjadi pada Kia Borrego tak memakan korban, baik adanya cedera atau kematian.

Menyikapi masalah di atas, Kia mengambil beberapa langkah strategis dengan akan memberi informasi ke diler pada tanggal 27 November, dan untuk para pemilik kendaraan pada tanggal 30 bulan yang sama.

Nantinya para pemilik kendaraan akan diinstruksikan untuk membawa kendaraannya ke dealer resmi. Kendaraan mereka akan mendapatkan perbaikan agar masalah tersebut bisa ditangani lebih lanjut.