Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini, pemilik X (sebelumnya Twitter), Elon Musk, memposting di akun pribadinya mengenai keunggulan salah satu produk andalannya, Tesla Cybertruck yang kini tengah diproduksi.

"Kami mungkin dapat menawarkan lapisan tungsten karbida opsional, yang pada dasarnya anti gores terhadap segala sesuatu di bawah kekerasan berlian," tulis Musk pada Kamis, 14 September.

Elon Musk, CEO Tesla, dikenal karena membuat klaim berani tentang produk-produk perusahaannya, termasuk Cybertruck, kendaraan pikap futuristik milik produsen mobil listrik ini.

3

Sebagai contoh, sekitar setahun yang lalu, dikutip dari InsideEVs, 14 September, Musk mengatakan bahwa Cybertruck akan dapat "melintasi sungai, danau, dan bahkan laut yang tidak terlalu bergelombang" berkat fitur yang disebut Boat Mode.

Musk bahkan menyebut bahwa Cybertruck "akan cukup tahan air untuk digunakan sesaat sebagai perahu," dengan dorongan yang berasal dari putaran roda.

Yang terbaru adalah klaim bahwa Cybertruck akan "tahan goresan" terhadap hampir segala hal kecuali sesuatu yang sekuat berlian. Namun, dengan itu apakah truk listrik ini benar-benar bisa terhindar dari goresan?

Ide yang diusulkan oleh Musk ini terdengar cemerlang mengingat jumlah laporan insiden goresan yang disengaja pada mobil Tesla yang terparkir. Namun, gagasan untuk menggunakan tungsten karbida sebagai lapisan pada Cybertruck tentu terdengar sangat berani, terutama karena tidak ada produsen otomotif lain yang pernah menggunakannya untuk melapisi bodi mobil produksi sebelumnya.

Namun demikian, Porsche pernah menggunakan tungsten karbida sebagai lapisan pada rotor rem mobil sport mereka untuk mengurangi keausan, mencegah karat, dan menghilangkan debu rem.

Menurut perusahaan kimia Jerman, Linde, yang dilaporkan oleh Teslarati, ketika digabungkan dengan sejumlah kecil bubuk logam, tungsten karbida dapat diubah menjadi lapisan karbida yang dikenal karena ketahanan tinggi terhadap abrasi, erosi, dan aus.

Siapa tahu, mungkin Tesla telah menguji opsi lapisan tungsten karbida ini selama ini dengan pembungkus seluruh bodi dan Musk berani sesumbar soal ini.