Bagikan:

JAKARTA - BMW menghadirkan BMW iX1 eDrive20, varian all-electric terbaru dari Sports Activity Vehicle (SAV) di segmen premium kompak dan bergabung dengan SAV xDrive30 yang dirilis Juni silam, namun ditawarkan dengan harga lebih terjangkau.

Varian ini hadir dengan sebagian besar fitur dan peralatan yang sama dengan model yang sudah ada di pasaran, namun dengan harganya BMW ingin membuka peluang bagi berbagai kalangan untuk menikmati sensasi berkendara premium tanpa emisi.

Di balik kemewahan eksterior premium khas BMW, varian ini memiliki sistem penggerak listrik buatan BMW generasi kelima yang sama dengan yang menggerakkan iX1 yang pertama. Sistem tersebut terdiri dari motor listrik ganda yang terletak di poros depan, dan baterai berkapasitas 64,7 kWh, yang juga sama dengan xDrive30.

iX1 eDrive20 memiliki tenaga maksimal hingga 204 dk dan torsi 247 Nm dengan penambahan fitur Boost sementara ketika diaktifkan. Dengan tenaga yang mengesankan tersebut, SAV terbaru ini mampu berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam waktu 8,6 detik dengan mencapai kecepatan tertinggi hingga 170 km/jam.

4

Sementara dengan kapasitas baterai ini 64,7 kWh, memungkinkannya melakukan perjalanan hingga sejauh 475 km dengan sekali pengisian daya, yang sebenarnya sedikit lebih jauh dibandingkan dengan xDrive30 yang hanya mampu melaju hingga 438 km.

Dilansir dari laman resmi BMW, Selasa, 5 September, varian entry-level terbaru dari BMW iX1 BMW iX1 dilengkapi dengan beragam fitur standar termasuk sistem navigasi BMW Maps, AC otomatis 2 zona, berbagai sistem bantuan pengemudi modern, dan layanan digital inovatif.

Fitur utama adalah BMW iDrive baru dengan "QuickSelect" dan Sistem Operasi BMW 9 yang memungkinkan akses yang lebih baik ke konten digital, pembaruan fungsi over-the-air, dan personalisasi yang lebih tinggi.

3

Selain itu, BMW Curved Display 10,25 inci dan tampilan kontrol 10,7 inci juga tampil lebih menarik, sementara "QuickSelect" membuat penggunaan sistem lebih intuitif dan efisien. Ini menciptakan pengalaman pengemudi yang lebih canggih dan nyaman.

BMW iX1 eDrive20 memiliki pengisian daya yang mengesankan dengan DC fast charging berkekuatan 130 kW dapat terisi 10 ke 80 persen dalam waktu 29 menit. Sedangkan, untuk pengisian daya AC 11 kW standar mampu mengisi dari 0 ke 100 km/jam dalam waktu 6,5 jam.

Berbicara perihal harga, BMW iX1 eDrive20 yang akan diproduksi pada November 2023 mendatang dengan banderol harga mulai 47.900 euro atau sekitar Rp787,3 jutaan atau jauh lebih murah dibandingkan dengan xDrive30, yang dibanderol dengan harga tidak kurang dari 54.800 euro atau Rp900 juta,

Sedangkan dalam segmen kendaraan listrik entry-level, BMW iX1 bersaing dengan beberapa model EV, seperti Lexus UX 300e, Volvo XC40 Recharge, Tesla Model Y, dan Mercedes-Benz EQA.