Inilah Lima Mobil Listrik yang Mencuri Perhatian Pengunjung di IIMS 2024
BYD Seal. (Foto-foto: Bagus Muhammad Hafizh/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 hanya berlangsung tiga hari lagi. Pameran ini menampilkan beragam kendaraan yang memenuhi sejumlah hall di JIExpo Kemayoran, Jakarta, termasuk kali ini mulai banyak diisi segmen kendaraan listrik (EV).

Mulai banyaknya EV di pameran IIMS 2024, seakan mewakili peralihan industri otomotif saat ini yang mengalami peralihan menuju elektrifikasi dan  menjadi panggung bagi beberapa pabrikan untuk memperkenalkan teknologi canggih dalam EV terbarunya.

Menariknya, beberapa kendaraan listrik membuat debut resmi dan tersedia untuk dibeli selama gelaran tersebut. Berikut adalah EV yang paling menarik perhatian pengunjung selama IIMS 2024 menurut pantauan VOI:

  • BYD Seal

Dengan gaya sedan lima pintu, BYD Seal bersaing dengan Hyundai Ioniq 6 dan berhasil mencuri perhatian. Bagian eksteriornya dilengkapi dengan lampu depan yang menampilkan cluster lampu ganda unik untuk menciptakan kesan keseimbangan dan tajam. Lampu belakangnya disusun dalam matriks titik yang menjalar ke seluruh bagian belakang.

Mobil asal China ini memiliki performa impresif dengan motor listrik yang memungkinkan akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam 3,8 detik. BYD Seal juga memiliki baterai dengan jangkauan hingga 650 km dalam kondisi baterai penuh.

Harga model ini berkisar antara Rp629 juta untuk tipe Premium Variant dan Rp719 juta untuk tipe Performance Variant, berdasarkan rekomendasi On The Road DKI Jakarta.

  • BMW iX1

8

BMW Group Indonesia turut serta dalam IIMS 2024 dengan membawa BMW iX1 eDrive20 M Sport, sebagai bagian dari lini model elektrifikasi. Berbasis dari versi mesin pembakarannya, X1, iX1 memiliki strip chrome yang mencolok sebagai perbedaan utama. Menurut perusahaan, Sport Active Vehicle (SAV) ini menawarkan model EV dengan harga lebih terjangkau dibandingkan dengan produk nol emisi lainnya.

Sebagai varian entry-level, iX1 eDrive20 M Sport menggunakan penggerak eDrive generasi kelima bersama motor listrik yang menghasilkan tenaga 204 dk dan torsi instan hingga 250 Nm, mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam 8,6 detik.

Baterainya memiliki konfigurasi hingga 64,78 kWh, memungkinkan jarak tempuh hingga 474 km menurut perhitungan WLTP. Kendaraan ini dapat mengisi daya dari 10 hingga 80 persen dalam 29 menit dengan pengisian cepat.

BMW iX1 eDrive20 M Sport dijual dengan harga Rp1,4 miliar Off The Road DKI Jakarta.

  • MG ZS EV

7

Morris Garage (MG) kembali menggebrak industri otomotif Indonesia dengan meluncurkan ZS EV, salah satu produk ramah lingkungan yang diproduksi di Indonesia. Sebagai SUV berukuran medium, dimensi ZS EV adalah panjang 4.323 mm, lebar 1.809 mm, tinggi 1.649 mm, dengan wheelbase hingga 2.585 mm.

Selain utilitasnya, MG ZS EV menawarkan performa yang tangguh dengan motor listrik 177 ps dan torsi 280 Nm yang menggerakkan roda depan. Baterainya berkapasitas hingga 50,3 kWh lithium-ion, memberikan jarak tempuh hingga 403 km.

Harganya mulai dari Rp453 juta On The Road DKI Jakarta, bersaing dengan berbagai model lain termasuk Chery Omoda E5.

  • Chery Omoda E5

2

Bergabung dengan MG ZS EV, Chery juga memperkenalkan Omoda E5 yang dirakit secara lokal, menawarkan persaingan kompetitif di pasar mobil listrik di bawah harga Rp500 juta. Dengan gaya SUV, Omoda E5 memiliki basis yang sama dengan versi bermesin pembakaran internalnya, Omoda 5, dengan grill depan tertutup yang menampilkan emblem 'Omoda' dengan anggun.

Omoda E5 dibekali dengan motor listrik berdaya 204 ps dan torsi 340 Nm yang menggerakkan roda depan. Baterai LFP dengan kapasitas 61 kWh memberikan jangkauan hingga 430 km dalam sekali pengisian.

Harga Chery Omoda E5 dimulai dari Rp498,8 juta OTR Jakarta, dengan harga spesial Rp488,8 juta untuk 2.000 pembeli pertama.

  • Mitsubishi L100 EV

2

Mitsubishi juga turut serta dalam persaingan mobil listrik di Indonesia dengan menghadirkan L100 EV, yang berbasis dari kei car kendaraan niaga berbasis Battery Electric Vehicle (BEV). Diproduksi secara lokal di pabrik Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, L100 EV merupakan produksi pertama Mitsubishi di luar Jepang.

Dengan motor listrik yang menghasilkan torsi hingga 195 Nm, L100 EV menjaga performa berkendara khas kendaraan listrik, meskipun digunakan untuk kegiatan niaga yang memuat barang bawaan banyak.

Jarak tempuh telah diperpanjang hingga 180 km (dalam mode WLTC2) dalam satu pengisian daya. Waktu pengisian normal dari 10 hingga 80 persen memakan waktu 7,5 jam pada AC200V (15A), sedangkan pengisian cepat hingga 80 persen hanya membutuhkan sekitar 42 menit.

Mitsubishi L100 EV hadir dalam satu varian yaitu two-seaters blind van, dengan harga Rp320 juta on the road Jakarta, sebagai harga spesial selama periode Februari-April 2024.