BMW Siapkan XM Terbaru,  Kurangi Jumlah Silinder
BMW XM bermesin V8 hybrid. (Dok. BMW)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa waktu lalu, BMW merilis SUV unggulan, BMW XM yang gagah bermesin V8 hybrid dilengkapi mesin 4,4 liter twin-turbocharged V8 hybrid yang mampu menghasilkan daya 653 dk.

Namun baru ini BMW dirumorkan tengah menyiapkan XM varian enam silinder. Dilansir dari Carscoops, Jumat 24 Maret, BMW membuat varian terbaru XM demi menarik pasar China. Versi entry-level baru dengan nama XM 50e sedang dalam tahap pengerjaan. 

Mobil tersebut akan memiliki dua silinder lebih sedikit dibandingkan V8. Beratnya juga akan sedikit lebih ringan dari model V8, tetapi hal ini diyakini tidak berdampak signifikan pada performa.

Meski jumlah silindernya dikurangi, BMW menawarkan performa yang tidak kalah jauh dengan XM standar. Dengan dibekali mesin 6-silinder, nantinya mobil tersebut akan digabungkan dengan sistem hybrid yang dapat mengeluarkan daya 571 dk. Sistem gabungan juga akan menghemat bahan bakar yakni sekitar 117 mpg.

Selain menawarkan daya yang lebih dari cukup, XM 50e juga mampu melaju sejauh 80 km hanya menggunakan tenaga listrik.

Untuk saat ini, BMW XM 50e ditawarkan hanya untuk pasar negeri tirai bambu. Namun, diperkirakan bisa saja masuk ke pasar Eropa, Asia, serta Timur Tengah bila dipasarkan dengan harga lebih terjangkau daripada versi V8.

Terkait