JAKARTA - Mercedes-Benz Trucks baru-baru ini mengumumkan kesuksesan pengujian truk listrik eActros 600 di bawah terik suhu panas di Spanyol. Truk pengangkut jarak jauh ini menghabiskan lima minggu di wilayah Andalusia, Spanyol, dengan suhu mencapai sekitar 44 derajat celsius.
Truk yang sudah dikembangkan sejak tahun 2019 ini sebelumnya dikenal dengan nama eActros LongHaul ketika masih dalam bentuk prototipe dan menurut rilis perusahaan, truk ini akan melakukan debut publik pada tanggal 10 Oktober 2023, dan akan memasuki produksi pada tahun 2024 untuk pasar Eropa.
Dalam uji coba terbaru sebelum memasuki tahap produksi, dikutip dari InsideEVs, 2 September, para insinyur Mercedes-Benz menguji manajemen termal baterai, pengisian daya cepat, dan fungsionalitas pendinginan udara pada suhu tinggi di Spanyol.
"Kami telah menjalani berbagai uji coba yang ketat pada eActros 600 sejak tahun lalu. Setelah uji coba musim dingin di Finlandia dengan suhu hingga minus 25 derajat Celcius, dan uji coba awal di jalan umum, truk listrik ini kini harus membuktikan dirinya pada suhu di atas 40 derajat Celsius di Spanyol,” ungkap Dr. Konrad Götz, wakil kepala pengujian global di Mercedes-Benz Trucks, di ruang media perusahaan, akhir Agustus.
Ia pun menambahkan, eActros 600 berhasil melewati uji coba yang menantang ini dengan baik. Selanjutnya, menurutnya truk ini akan diuji langsung bersama pelanggan.
Diketahui, divisi komersial Mercedes-Benz di Eropa telah mengembangkan beberapa model truk berbahan bakar listrik maupun gas, seperti Actros dan Axor.
eActros 600 ini memiliki tampilan yang serupa dengan versi berbahan bakar gas dan trailer eActros 300. Truk ini menggunakan tiga pak baterai dengan kapasitas lebih dari 600 kWh, dan dapat mencapai jarak sekitar 500 kilometer dengan sekali pengisian daya.
Baterai truk ini terdiri dari sel lithium-ferro fosfat yang menawarkan masa pakai lebih panjang dan energi yang lebih. Mercedes-Benz juga mengklaim bahwa truk ini dapat mengisi daya dari 20 hingga 80 persen dalam waktu 30 menit. Truk raksasa ini ditenagai oleh poros elektrik (e-axle) dengan dua motor yang menghasilkan daya puncak sebesar 815 tenaga kuda. Sementara, mengenai spesifikasi lain termasuk ukuran dan kapasitas muatan belum diungkapkan.
BACA JUGA:
Setelah menyelesaikan pengujian, truk ini melakukan perjalanan pulang dari Spanyol ke pusat pengembangan dan pengujian Mercedes-Benz Trucks di Worth am Rhein, Jerman, menempuh jarak lebih 2.000 kilometer.