Disambut Baik di GIIAS 2023, Mazda Belum Berniat Menjual MX-30 di Indonesia
Mazda MX-30 tampil di GIIAS 2023. (Foto: Bagus Muhammad Hafizh/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam era di mana produsen mobil Amerika Serikat, Eropa, China, dan Korea Selatan berlomba menghadirkan kendaraan listrik, beberapa merek Jepang mungkin terlihat tertinggal.

Salah satunya adalah Mazda. Pabrikan berbasis di Fuchu, Hiroshima, Jepang, ini baru memiliki satu mobil listrik, yaitu MX-30. Namun, berita baiknya adalah MX-30 kini sudah hadir di Indonesia.

Melalui Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 beberapa waktu lalu, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), yang merupakan Agen Pemegang Merek (APM) Mazda di Indonesia, memperkenalkan dua unit MX-30 yang dijual secara global. Keberadaan SUV listrik ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat.

Pramita Sari, Marketing & Communication General Manager PT EMI, mengungkapkan bahwa respon masyarakat terhadap MX-30 sangat positif, dengan banyak yang tertarik pada mobil listrik pertama dari Mazda ini.

"Responnya cukup baik dan banyak yang tertarik dengan EV (Electric Vehicle) model keluaran Mazda," kata Pramita ketika dihubungi VOI, Jumat, 1 September.

Meskipun demikian, Pramita menjelaskan bahwa Mazda MX-30 belum akan segera diluncurkan di pasar Indonesia. Kehadiran mobil ini hanya sebagai langkah awal untuk memperkenalkannya kepada konsumen.

"Namun, saat GIIAS kemarin, kami hanya memperkenalkannya. Jadi, belum ada harga dan belum secara resmi diluncurkan untuk pasar Indonesia," tambah Pramita.

Meskipun mendapat banyak minat dari masyarakat, Mazda belum mau mengungkapkan berapa banyak konsumen yang tertarik untuk membeli mobil ini. Hal ini disebabkan karena MX-30 belum tersedia di pasar Indonesia.

"(Untuk Surat Pemesanan Kendaraan) Kita belum eligible untuk jual MX-30," kata Pramita.

Mazda MX-30 mewakili langkah Mazda dalam kendaraan listrik. SUV ini ditenagai oleh motor listrik permanen tipe synchronous AC dengan daya sebesar 143 tenaga kuda, serta sistem penggerak roda depan dan transmisi direct-drive.

Kendaraan ini dilengkapi dengan baterai lithium-ion berkapasitas 32 kWh yang didinginkan dengan cairan dan mampu menempuh jarak hingga 161 km setelah satu kali pengisian daya.

Namun, sayangnya, jarak tempuh ini tergolong rendah dibandingkan dengan kendaraan listrik lainnya. Mazda MX-30 dijual dengan harga 34.110 dolar AS atau sekitar Rp517,7 juta di pasar Amerika Serikat.