Setelah GIIAS 2023, Mitsubishi Bawa XForce ke Surabaya
Mitsubishi XForce ditampilkan di Surabaya. (Dok. MMKSI)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah sukses memperkenalkan SUV terbarunya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, yaitu XForce, pabrikan asal Jepang Mitsubishi akan memperkenalkan SUV berkapasitas lima tempat duduk ini ke seluruh Indonesia.

Distributor Mitsubishi di Indonesia, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), akan memulai peluncuran lokal perdana XForce di Surabaya melalui pameran Mitsubishi Motors Auto Show (MMAS) yang berlangsung pada 24-27 Agustus 2023.

Tetsuhiro Tsuchida, Direktur Divisi Penjualan dan Pemasaran PT MMKSI, mengungkapkan bahwa konsumen di Surabaya dan sekitarnya memiliki gaya hidup yang aktif dengan kebutuhan mobilitas yang tinggi, yang merupakan target pasar Mitsubishi untuk memperkenalkan XForce lebih jauh.

"Selain itu, kota Surabaya memiliki pasar segmen compact SUV yang cukup besar, yang berkontribusi 52 persen terhadap penjualan compact SUV di Jawa Timur dan sangat potensial untuk digarap oleh MMKSI dengan Mitsubishi XFORCE yang menawarkan berbagai kelebihan," kata Tsuchida dalam keterangannya pada Kamis, 24 Agustus.

Mitsubishi XForce akan diluncurkan pertama kali di Surabaya di Tunjungan Plaza 6, Surabaya, karena kota tersebut merupakan ibu kota provinsi Jawa Timur. Jawa Timur adalah kontributor besar terhadap penjualan Mitsubishi dengan andil mencapai 12 persen selama Januari-Juli 2023.

Kebutuhan masyarakat Jawa Timur akan SUV berukuran kompak juga tinggi, dengan penjualan segmen ini mencapai sekitar 275 unit per bulan selama tujuh bulan pertama tahun 2023, atau sekitar 7 persen dari total penjualan nasional.

Pada GIIAS 2023, MMKSI berhasil mencatat lebih dari 3.700 unit Surat Pemesanan Kendaraan (SPK), dengan kontribusi terbesar berasal dari XForce, mencapai 10.78 unit.

Mitsubishi XForce akan diproduksi secara lokal oleh Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia, yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat, dan akan dipasarkan di negara-negara ASEAN, Asia Selatan, Amerika Latin, Timur Tengah, dan Afrika.

XForce menawarkan ruang yang luas dengan dimensi panjang 4.390 mm, lebar 1.810 mm, dan tinggi 1.660 mm, serta kapasitas lima tempat duduk. Ini memberikan kinerja dan kendali luar biasa, sambil menjaga kenyamanan yang tak terkompromikan melalui ruang interior yang luas, memenuhi harapan dan keinginan konsumen.

Meskipun berukuran kompak, SUV ini menawarkan ruang yang luas dengan dimensi panjang 4.390 mm, lebar 1.810 mm, dan tinggi 1.660 mm.

Mitsubishi telah memperkenalkan beberapa fitur unggulan yang akan disertakan dalam SUV terbarunya menjelang peluncuran. Salah satu fitur menarik adalah berbagai mode penggerak, seperti Normal, Gravel, Wet, dan Mud.

Selain itu, Mitsubishi berkolaborasi dengan Yamaha untuk menghadirkan sistem audio "Dynamic Sound Yamaha Premium," yang akan memberikan hiburan berkualitas bagi pengguna mobil.

Mitsubishi XForce akan ditenagai oleh mesin 1,5 liter 4-silinder DOHC 16 katup yang dipasangkan dengan transmisi CVT yang menggerakkan roda depan (FWD). Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 104 dk dan torsi mencapai 141 Nm.

Harga untuk Mitsubishi XForce dimulai dari Rp379,9 juta untuk varian Exceed CVT, sementara varian tertinggi, Ultimate CVT, dibanderol dengan harga Rp412,9 juta.