Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan otomotif asal China, Seres, telah resmi meluncurkan kendaraan listrik teranyarnya E1 untuk pasar tanah air. Mobil ini cocok digunakan untuk wilayah perkotaan.

Melalui APM PT Sokonindo Automobile, Seres E1 dihadirkan dengan tampilan yang unik, stylish, serta dibekali banyak fitur untuk memenuhi kebutuhan mobilitas pengguna EV.

Tidak hanya memiliki tampilan yang mungil dan kaya fitur, Seres E1 dibanderol dengan harga yang cukup murah. Varian termurahnya dibanderol dengan harga Rp189 juta untuk Type B, sementara tipe tertinggi, Type L, dibanderol dengan harga Rp219 juta.

Kepala Pemasaran PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi, mengatakan bahwa Seres E1 merupakan hasil dari seluruh masukan dari masyarakat Indonesia yang dikembangkan oleh teknisi dan insinyur dari Seres, sehingga mobil tersebut menjadi kendaraan yang dapat diandalkan untuk melalui kegiatan sehari-hari.

"Seres E1 menjadi bentuk inovasi dan keseriusan merek SERES untuk masuk ke pasar otomotif nasional dan melayani kebutuhan mobilitas perkotaan yang berkelanjutan,” kata Rofiqi dalam keterangannya, Sabtu, 12 Agustus.

Memiliki desain yang kompak, Seres E1 memiliki dimensi dengan panjang 3.030 mm, lebar 1.495 mm, tinggi 1.640 mm, serta wheelbase 1.960 mm. Mobil ini juga memiliki ground clearance cukup tinggi 135 mm.

Meskipun terlihat simpel dan ringkas, Seres E1 disajikan dengan lampu LED DRL pada bagian depan maupun belakang, pelek alloy 13 inci yang trendi sehingga mobil ini dapat menarik perhatian di jalan raya.

Seres E1 memiliki konfigurasi empat tempat duduk. Pada bagian kabin mengusung konsep minimalis dengan panel instrumen beraksen kayu dan kluster instrumen berukuran 7 inci dan head unit 8,8 inci. 

Varian awal dari E1, Type B memiliki baterai lithium iron phosphate yang memiliki kapasitas 13,8 kWh sehingga dapat menempuh jarak maksimal sampai 180 km, serta memiliki kemampuan mengisi daya dari 10 hingga 90 persen dengan soket AC Type 2 dalam waktu 3,5 jam. Tipe tersebut memiliki motor penggerak bertenaga 33 dk dan torsi 100 Nm.

Lalu varian tertinggi, Type L dibekali baterai lithium iron phosphate dengan kapasitas 16,8 kWh yang dapat menghasilkan jarak hingga 220 km. Pengisian dayanya sendiri dapat terisi dari 10 hingga 90 persen dengan AC Type 2 dalam waktu 4 jam. Tipe teratas ini memiliki motor penggerak yang memiliki tenaga 40 dk dan torsi 100 Nm.

Pengguna tidak perlu khawatir dengan keamanan baterai karena para insinyur Seres sudah melengkapinya dengan fitur Collision Power Failure Protection, Battery System Thermal Management, Charging Port Cover Reminder, dan High Voltage Safety Monitoring. Baterai ini juga sudah lulus Sertifikat IP67, jadi tidak perlu khawatir tersetrum atau rusak saat melewati genangan air.

Fitur-fitur canggih seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Hill Hold Control, kamera parkir, cruise control, dan mode berkendara disematkan dengan bijak. Tipe paling tinggi, Seres E1 Type L, bahkan menawarkan Electronic Stability Control dan Electronic Parking Brake with Auto Hold, turut hadir dalam membantu pengguna dalam pengoperasian Seres E1.