Bagikan:

JAKARTA- Ketika Hyundai Santa Fe diluncurkan pada bulan Juli, sorotan utama adalah desain kotak-kotaknya. Meskipun banyak yang menyukainya, ada juga yang kurang terbiasa dengan perubahan dari desain khas yang lebih melengkung.

Namun, dalam laporan Autocar, 12 Agustus, Kepala Desain Hyundai Motor Company, SangYup Lee, memiliki alasan terkait perubahan tersebut.

Lee bukanlah orang sembarangan, ia menerima penghargaan World Car Person of the Year 2023 atas karyanya dalam desain mobil seperti Ioniq 6, Kona terbaru, dan N Vision 74 bertenaga hidrogen.

2

Menurut Lee, tim desain menggunakan data untuk memprediksi tren desain masa depan, dan kata "outdoors" selalu muncul. Ini menjelaskan mengapa Santa Fe baru mendapatkan tampilan SUV off-road yang ditekankan oleh bentuk eksterior yang kotak-kotak.

"Empat setengah tahun yang lalu, kami mulai proyek ini. Kami selalu memeriksa informasi data untuk meramalkan tren masa depan. Ini sebelum pandemi, dan satu kata kunci yang benar-benar mencuat adalah bagaimana budaya 'outdoors' telah menjadi mainstream. Kami memilih arah yang mencakup baik kota maupun alam terbuka,” ungkapnya.

Proporsi desain ini memungkinkan Santa Fe memberikan "banyak volume," dengan akses lebih mudah ke bagasi melalui pintu belakang yang lebar. Ini dimungkinkan dengan penempatan lampu belakang yang tidak konvensional.

Lee juga tidak ingin mengikuti gaya umum. Meskipun ia mengakui bahwa tidak ada yang salah dengan mengadopsi tampilan yang familiar, ia percaya bahwa perusahaan ini adalah penantang: "tidak ada risiko, tidak ada imbalan."

Poin lain adalah pendekatan desain yang berfokus pada konsumen. Pasar target Santa Fe adalah para pembeli yang aktif di luar ruangan dan mungkin sudah memiliki keluarga, oleh karena itu diputuskan untuk mengintegrasikan bodi kotak yang memaksimalkan ruang interior. Hal ini juga menjelaskan mengapa Hyundai Casper memiliki bahasa desain yang berbeda. Casper adalah crossover kecil yang dikatakan cocok untuk generasi Z yang tinggal di kota.

"Jadi kami beragam. Ada kelebihan dan kekurangan, tetapi kami percaya bahwa berfokus pada konsumen adalah apa yang harus dilakukan merek ini untuk meningkatkan visi desain kami. Saya tidak akan mengatakan itu benar atau salah; saya akan mengatakan bahwa konsumen yang akan memutuskan," sambungnya.

3

Namun perubahan desain Santa Fe yang paling menonjol adalah penggunaan kembali pengatur pergeseran gigi ke kolom kemudi. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan efisiensi antarmuka berkendara dan mengoptimalkan penggunaan ruang interior. Ini juga memberikan fleksibilitas dalam pengaturan konsol tengah, yang menghasilkan ruang tambahan untuk fitur-fitur ekstra atau ruang penyimpanan lebih besar. Dalam kasus Santa Fe, ini bisa mencakup port USB, pad pengisian daya nirkabel, dan tentu saja, kotak konsol yang lebih besar.

"Untuk kendali yang berkaitan dengan mengemudi dan powertrain, kami ingin menempatkan semuanya di sekitar setir. Jadi, Anda tidak perlu terganggu melihat ke kiri dan kanan. Oleh karena itu, perpindahan gigi dengan sistem kabel, kami pasang di kolom [kemudi]. Diputar ke depan dan ke belakang, sangat mudah digunakan," pungkas Lee, seperti dilaporkan The Drive, 12 Agustus.

Dengan perubahan yang inovatif ini, Hyundai Santa Fe 2024 mampu mengkombinasikan desain yang unik dengan kepraktisan dan efisiensi, membuktikan bahwa desain kotak-kotaknya bukanlah semata gaya, melainkan juga solusi cerdas untuk menghadirkan pengalaman berkendara yang lebih baik.