Honda EM1 e: hanya Tersedia di Jawa dan Bali, Ini Kata AHM
Honda EM1 e: (Foto: Bagus Muhammad Hafizh/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - PT Astra Honda Motor (AHM) baru-baru ini merilis motor listrik pertamanya di Indonesia, EM1 e:, dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Kehadiran EM1 e: di Indonesia membawa Honda ke dalam persaingan pasar sepeda motor listrik di Tanah Air, berhadapan dengan merek-merek seperti United, Alva, Selis, dan lainnya yang telah lebih dulu merilis kendaraan serupa.

Namun, Honda memilih untuk tidak terburu-buru dalam memperluas penjualan sepeda motor listrik ini di Indonesia. Saat ini, Honda EM1 e: hanya tersedia di wilayah Jawa dan Bali.

Wakil Presiden Eksekutif PT AHM, Thomas Wijaya, menjelaskan bahwa pihaknya ingin melihat respon masyarakat terhadap EM1 e: setelah peluncuran.

"Kita masih ingin melihat seberapa besar antusiasme masyarakat terhadap EM1 e:," ujar Thomas pada acara GIIAS 2023 di ICE BSD, Tangerang, pada Jumat, 11 Agustus.

Jika EM1 e: mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat, AHM berencana untuk memperluas cakupan penjualannya di berbagai daerah di Indonesia.

"Jika antusiasmenya bagus, kemungkinan akan diperluas," tambah Thomas.

EM1 e: adalah langkah awal Honda dalam mengadopsi teknologi elektrifikasi. Motor ini hadir dengan desain futuristik dan teknologi canggih yang akan memberikan kenyamanan bagi pelanggan. Kehadiran motor ini telah lama dinantikan sejak pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada bulan Februari.

Motor listrik ini dilengkapi dengan pencahayaan LED di seluruh bagian. Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, Honda EM1 e: dilengkapi dengan rak penyimpanan dan pengisi daya USB tipe A. Panel instrumen yang digunakan adalah digital dan menampilkan berbagai informasi seperti kecepatan, jarak tempuh, jam, trip meter, dan mode daya yang dapat dipilih.

Salah satu keunggulan Honda EM1 e: adalah kemampuan baterainya yang dapat diganti dengan Honda Mobile Power Pack e:, yang menjadi sumber tenaga untuk motor ini.

Pengisian daya baterai dapat dilakukan dengan rentang waktu 2,7 jam untuk pengisian daya 25-75 persen dan 6 jam untuk pengisian daya dari 0 hingga 100 persen. Konsumen dapat mengunjungi stasiun pengisian Honda Power Excharger e: untuk menukar baterai hingga penuh.

Dengan kapasitas baterai 1,3 kWh, Honda EM1 e: memiliki jangkauan daya hingga 53 km dalam satu pengisian. Ditenagai oleh motor listrik dengan daya maksimal 2,3 dk, motor ini mampu mencapai kecepatan maksimal 45 km/jam.

Secara rinci, harga motor EM1 e: berkisar antara Rp30 juta hingga Rp33 juta, sedangkan baterai MPP e: dihargai antara Rp10 juta hingga Rp12 juta. Honda EM1 e: akan dijual melalui jaringan diler Honda yang dilengkapi dengan logo e: shop.