Bagikan:

JAKARTA - Pembuat mobil asal Jepang, Mazda, menghadirkan salah satu SUV berukuran besar CX-60, untuk pasar Singapura baru-baru ini.

Sama seperti SUV Mazda lain, Mazda CX-60 dihadirkan dengan bentuk desain yang besar, gagah, namun tidak meninggalkan kesan elegan yang sudah menjadi ciri khas pabrikan. Ini dibuktikan dengan bentuk grill khas Mazda yang menampilkan kesan tegap dengan konfigurasi lampu LED yang sama seperti saudaranya, CX-90.

Dibekali pelek 20 inci dengan diselimuti ban 235/50, CX-60 siap dijalankan di mana pun dan kapan pun. Hal menarik lainnya juga ada pada bagian interior.

Dilansir dalam laman Paultan, Senin, 24 Juli, demi meningkatkan kenyamanan para pelanggan, Mazda CX-60 hadir dengan fitur panoramic sunroof, tampilan digital kluster 12,3 inci, head-up display, serta layar infotainmen 12,3 inci yang telah terintegrasi dengan Android Auto dan Apple CarPlay nirkabel.

Agar meningkatkan rasa aman baik saat mengemudi maupun penumpang, SUV tiga baris ini telah dilengkapi fitur parking sensor pada bagian depan dan belakang, Lane Keep Assist, Lane Departure Warning, Blind Spot Monitor, Cross Traffic Alert, kamera 360 derajat, Autonomous Emergency Braking, Adaptive Cruise Control, dan tujuh airbag.

Tidak seperti Filipina yang dihadirkan dengan dua varian, yakni bensin dan diesel, untuk Singapura hanya menyediakan varian tunggal untuk CX-60 tersebut.

Dengan dibekali mesin bensin Skyactiv-G 2.5 litre naturally-aspirated 4-silinder, CX-60 dapat mengeluarkan daya hingga 189 dk dan torsi 261 Nm. Jantung pacu tersebut akan bekerja sama dengan sistem transmisi delapan percepatan.

CX-60 akan menjadi model pertama Mazda yang didasari oleh platform Skyactiv Multi-Solution Scalable Architecture dengan mesin depan yang memanjang serta digerakkan dengan roda belakang.

Untuk pasar Singapura, mobil premium CX-60 ini dibanderol seharga 278.888 dolar Singapura atau sekitar Rp3,1 miliar.

Harga tersebut tentu sangat mahal bila mengingat pajak kendaraan yang diterapkan di Singapura cukup tinggi. Sebagai pembanding, CX-60 dijual di Australia mulai 59.800 dollar AUS atau setara Rp605,7 juta.

Singapura menjadi negara kedua di ASEAN yang menghadirkan CX-60 setelah Filipina. Namun, bagaimana dengan Indonesia ?

Beberapa waktu lalu, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), sebagai Agen Pemegang Merek (APM) dari Mazda di Tanah air, mengatakan bahwa mereka akan segera menghadirkan sebuah produk berupa SUV yang akan diluncurkan pada akhir Juli ini.

Dari tangkapan siluet yang ditampilkan dalam pemaparan, sekilas bentuk kendaraan tersebut menyerupai SUV besar dengan corak lampu yang sama persis seperti CX-90.

"Kami juga akan memperkenalkan produk yang akan kami pasarkan pada akhir bulan Juli ini," ungkap Marketing & Communication General Manager PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), Pramita Sari, di JW Marriot saat sesi jumpa media, Kamis, 14 Juli.