Lexus LBX Masuk ke Indonesia? TAM: Sedang Kami Pertimbangkan
Lexus LBX. (Dok. Toyota Global)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa waktu lalu, Lexus meluncurkan sebuah SUV sub-kompak yang memiliki nama LBX. Mobil ini disebut sebagai saudara dari Toyota Yaris Cross.

Nama LBX diambil dari singkatan Lexus Breakthrough X(cross)-over. Mobil ini memiliki desain yang lebih kecil dibandingkan SUV pada umumnya dengan dimensi panjang 4.190 mm, lebar 1.825 mm, tinggi 1.545 mm, dan wheelbase 2.580 mm.

Dengan desain yang ringkas tersebut, tentu akan cocok dengan pasar Indonesia. Seperti yang diketahui, SUV kompak seperti barang yang laku di pasar otomotif tanah air. Selain Toyota Yaris Cross, SUV berukuran ringkas yang menghiasi pasar otomotif Indonesia ialah Hyundai Creta dan Honda HR-V.

Menurut Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandi, mengatakan bahwa pihaknya sedang mengkaji ulang mobil crossover tersebut untuk dibawa ke pasar Indonesia.

5

"Lexus Indonesia saat ini sedang mempelajarinya karena mobil agak berbeda dengan produk Lexus sebelumnya berdasarkan ukuran yang lebih compact. Justru kita butuh masukan apakah ini cukup menarik atau tidak untuk dibawa ke Indonesia," ungkap Anton dikutip ANTARA, Selasa, 20 Juni.

Walaupun demikian, Anton menjelaskan bahwa gambar yang tersebar di media massa tersebut hanya sebatas tinjauan atau perkenalan awal, belum merupakan versi wujud asli dari mobil tersebut.

"Kalau launching itu kan sudah ada detil-detilnya, seperti harga dan lainnya. Jadi, ini baru akan menuju peluncuran secara global dan salah satunya itu di Eropa," kata Anton.

Lexus LBX memiliki desain yang berbeda dari model yang pernah diproduksi oleh merek premium tersebut. Yang biasanya Lexus menghadirkan desain SUV yang kaku dan mewah, LBX tampil dengan dinamis dan trendy.

Sebelumnya, Kunihiko Endo, selaku Lexus LBX Chief Engineer, mengatakan LBX dibangun bertujuan untuk menciptakan kendaraan yang memungkinkan pelanggan menikmati perjalanan santai dan menjadi diri mereka sendiri.

Dibangun di atas platform yang sama dengan Yaris Cross, yakni GA-B, SUV kompak tersebut hadir dengan mengusung varian hybrid dengan menghadirkan mesin bensin 1,5 liter 3-silinder yang dapat menghasilkan tenaga gabungan 134 dk dan torsi 185 Nm.

Dengan daya yang dihasilkan dari mesin dan motor listrik tersebut, ini cukup membuat LBX berlari dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 9,2 detik. SUV ringkas ini akan memasuki masa produksi pada akhir 2023 dan mulai dijual di Eropa pada awal 2024.