Bagikan:

TANGERANG - Lexus resmi memasarkan model LBX ke pasar Indonesia melalui pameran GIIAS 2024 dengan memasuki segmen SUV sub-kompak.

Hadir mengisi segmen baru yang belum pernah dijajaki, Lexus memposisikan LBX berada di bawah UX dan menjadikannya sebagai model dengan harga terjangkau. Namun, apa target pasar yang diincar oleh merek dari SUV ini?

General Manager Lexus Indonesia Bansar Maduma, mengatakan bahwa LBX diperuntukkan untuk kawula muda atau konsumen yang ingin mengemudikan sendiri mobil tersebut.

“Kalau dilihat ini untuk konsumen muda dan ingin berkendara sendiri, terutama untuk wilayah perkotaan ya,” kata Bansar saat ditemui media di ICE BSD, Tangerang, Rabu, 17 Juli.

Bansar menambahkan bahwa pihaknya ingin memasuki pasar di mana para konsumennya berkeinginan transisi dari model yang dijual secara massal ke produk premium dan LBX dinilai sangat layak berada di posisi ini.

“Jadi kita lihat segmen di bawah Rp1 miliar, jadi kami melihat ada ceruk pasar di mana ada konsumen yang mau beralih dari mass-brand ke luxury brand dan ini yang coba kami gapai dengan LBX,” tambah Bansar.

Terkait masa tunggu, Bansar juga menjelaskan bahwa ini semua tergantung dari varian yang dipilih. Untuk bespoke atau sesuai dengan pesanan, pelanggan harus menunggu untuk mendapatkan unitnya selama 9 bulan ke depan karena ini merupakan produk impor (CBU) dari Jepang.

“Untuk indennya, standar mungkin sekitar hingga akhir tahun. Namun yang bespoke bisa 9 bulan karena ini adalah opsi personalisasi sesuai keinginan pelanggan,” jelas Bansar.

Lexus LBX merupakan saudara dari Toyota Yaris Cross spesifikasi Eropa. Penamaan LBX berasal dari singkatan Lexus Breakthrough X(crossover), sebuah mobil yang memakai konsep berlawanan dengan gagasan kaku akan mobil mewah.

Dibangun di atas platform GA-B, model ini memiliki dimensi yang ringkas dengan panjang 4.190 mm, lebar 1.825 mm, tinggi 1.545 mm, da wheelbase 2.580 mm.

Pada bagian internal, LBX mengusung powertrain hybrid dengan menghadirkan mesin bensin 1,5 liter 3-silinder yang dapat menghasilkan tenaga gabungan 134 dk dan torsi 185 Nm digabungkan dengan transmisi Continously Variable Transmission (CVT).

Dengan daya yang dihasilkan dari mesin dan motor listrik tersebut, ini cukup membuat LBX berlari dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 9,2 detik.

Lexus LBX dibanderol dengan harga mulai dari Rp895 Juta On The Road DKI Jakarta.