Lexus LBX, Saudara Yaris Cross yang Meluncur pada 5 Juni Mendatang
Teaser Lexus LBX. (Dok. Toyota Global)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah lama dirumorkan, Lexus merilis teaser dari SUV terbarunya, LBX, yang akan diluncurkan pada 5 Juni mendatang.

Teaser itu muncul di laman Toyota Global, Senin, 22 Mei, Lexus LBX hanya ditampilkan bagian lampu, bemper, hingga kap depan. Lalu, ditampilkan juga lampu belakang bergaya modern yang akan menjadi sarana pencahayaan dari SUV tersebut.

Dalam gambar tersebut, terlihat bagian depan dilengkapi oleh lampu LED yang saling terhubung dengan strip krom. Terlihat tidak ada grill khas dari Lexus, namun pabrikan menggantinya dengan pola sarang lebah pada bagian tengah bemper. Ditampilkan juga logo "L" pada bagian ujung depan atas strip krom yang menandakan bahwa ini adalah mobil Lexus.

Pindah pada bagian belakang, Lexus hanya menampilkan lampu LED menyala dengan desain yang dinamis dan modern di ruangan gelap. 

Meskipun spesifikasi belum diungkap, LBX kemungkinan akan berbagi platform dengan Toyota Yaris Cross yang dijual di Eropa, Australia, dan Jepang, yaitu platform GA-B, seperti yang dilansir dari Carscoops, Senin, 22 Mei.

Sama seperti Yaris Cross, Lexus LBX akan mengisi segmen sub-kompak atau B-SUV segmen, yang berarti akan menyaingi Honda HR-V maupun Hyundai Creta.

Masuk dalam kelas B-SUV, LBX memiliki ukuran panjang 4.180 mm, lebar 1.765 mm, dan tinggi 1.560 mm. Ukuran yang nyaris sama dengan Yaris Cross. LBX diposisikan sebagai SUV terkecil, di bawah Lexus UX.

Kemungkinan Lexus LBX akan mengusung teknologi hybrid dengan menggabungkan mesin pembakaran 3-silinder 1,5 liter VVT-i dengan sistem penggerak AWD atau FWD, yang mampu mengeluarkan daya 114 dk dan torsi 120 Nm.

Lexus LBX melengkapi jajaran SUV dari pabrikan mobil mewah asal Jepang tersebut yang sebelumnya telah diisi oleh GX, RX, NX, UX, dan model yang akan datang TX.