Mengenal Genesis G80 Electrified, Kendaraan Listrik Milik Erick Thohir Saingan Mercedes EQE
Genesis G80 Electrified. (Dok. Genesis)

Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini, mobil mewah Genesis G80 Electrified milik Menteri BUMN Erick Thohir hangat diperbincangkan. Genesis G80 Electrified tahun 2022 termasuk salah satu di antara empat kendaraan punya Erick dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 2022.

Hyundai sendiri hingga saat ini belum menjual Genesis G80 Electrified di tanah air secara resmi. Diketahui sebelumnya, Genesis G80 Electrified merupakan kendaraan yang dipakai oleh beberapa kepala negara selama KTT G20 berlangsung di Bali pada November silam. Mobil listrik mewah dari Hyundai tersebut menjadi kendaraan sehari-hari dalam menjalankan dinas beberapa pejabat negara saat berada di Bali.

2
Interior G80 Electrified. (Dok. Genesis)

Meski bertenaga listrik, namun performa mobil yang debut di Shanghai Auto Show 2021 ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Sedan panjang ini memiliki motor listrik ganda pada masing-masing bagian depan dan belakang. Sehingga, G80 Electrified mampu mengeluarkan daya 370 dk dan menghasilkan torsi maksimal 700 Nm, seperti yang ditulis dalam laman resmi Genesis. Performa ini lebih bertenaga bila dibandingkan dengan Mercedes EQE Saloon dengan daya 292 dk.

Memiliki dual motor listrik, Genesis G80 Electrified dapat berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam waktu 4,9 detik.

Tidak hanya impresif soal kebut-kebutan, konsumsi daya baterainya juga mengagumkan. Dengan baterai lithium-ion berkapasitas 87,2 kWh, mobil ini dapat menempuh jarak hingga 427 km saat baterai terisi penuh. Dengan pengisian daya 800V, mobil saloon tersebut dapat mengisi daya dari 10 hingga 80 persen dalam waktu 22 menit. Bila pengisian daya normal dari 10 hingga 100 persen, ini memerlukan waktu 9 jam.

Meskipun kalah dari segi daya pacu, namun Mercedes-Benz EQE Saloon unggul jarak tempuh lebih dari 635 km menurut siklus WLTP. Pengisian dayanya tidak kalah jauh hanya 32 menit dengan daya diisi dari 10 hingga 80 persen.

Harga Genesis G80 Electrified mencapai Rp1,67 miliar menurut LHKPN. Sedangkan, Mercedes EQE Saloon dibanderol lebih tinggi Rp2,21 miliar.