Anti Peluru, Ini Daftar Mobil yang Digunakan Para Pemimpin Dunia di KTT G20 Bali
Mobil yang digunakan pemimpin dunia di KTT G20 Bali. (Foto; Dok. Wapcar)

Bagikan:

JAKARTA – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang berlangsung pada 15-16 November kemarin menjadi sorotan berbagai kalangan. Yang menjadi pusat perhatian tidak hanya bertemunya para pemimpin negara ekonomi terbesar di dunia saja tapi juga mobil yang mereka gunakan.

Mobil yang digunakan oleh para pemimpin negara itu dilengkapi dengan berbagai fitur canggih dan sistem keamanan yang mumpuni. Karena kepala negara menggunakan mobil tersebut untuk berbagai keperluan negara, tidak heran jika mobil-mobil itu dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi, termasuk kaca anti peluru dan bodi berlapis baja.

Meski begitu, Presiden RI, Joko Widodo, sebenarnya sudah mempersiapkan mobil listrik termasuk VVIP Genesis G80 Electrified khusus untuk para pemimpin negara tersebut. Namun, sejumlah negara tetap memilih menggunakan mobil dinas mereka masing-masing karena alasan tertentu, termasuk keamanan.

Berikut ini daftar mobil yang digunakan oleh Presiden di KTT G20 Bali:

1. Presiden AS, Joe Biden – Cadillac One (The Beast)

Cadillac One adalah mobil dinas kepresidenan Amerika Serikat. Presiden Joe Biden menggunakan kendaraan standar kepresidenan AS selama acara KTT G20 berlangsung. Mobil Cadillac One yang digunakan oleh presiden AS ini juga kerap dijuluki The Beast karena dilengkapi dengan sejumlah spesifikasi yang bersifat rahasia.

Mobil presiden AS, Cadillac One alias The Beast. (Foto; Dok. Car and Driver)

Cadillac One atau The Beast dibangun dari sasis truk GMC Top Kick berkat perintah langsung dari bagian keamanan kepresidenan Secret Service. Menurut laporan Hoctars, The Beast menjadi kendaraan presiden yang paling aman sekaligus menakutkan. The Beast dilengkapi dengan gadget “Bond-Style” (peralatan ala James Bond, Red) yang memiliki berbagai fitur perlindungan super canggih untuk mengamankan presiden dalam situasi yang tidak diharapkan.

The Beast memiliki bodi berlapis baja tebal yang dilapisi titanium, keramik, dan alumunium. Sementara kacanya yang tebal dilaporkan dapat menahan tembakan, ledakan granat, hingga serangan rudal.

2. Presiden China, Xi Jinping – Hongqi N701

Sementara Presiden China, Xi Jinping memilih menggunakan mobil Hongqi N701. Mobil ini memiliki bagian depan yang dilengkapi grill bergaris yang terhubung ke bagian lampu depan. Mobil ini juga dilengkapi dengan sistem keamanan tinggi dan anti peluru.

Hongqi N701. (Foto; Dok. Auto Tire)

Kendati begitu, tidak banyak spesifikasi detail yang diketahui mengenai mobil yang dikendarai Xi Jinping itu. Hongqi N701 terbilang mobil kepresidenan yang misterius. Tidak banyak spesifikasi yang diketahui publik mengenai mobil tersebut.

3. Presiden Prancis, Emmanuel Macron – Mercedes-Benz G-Class

Sementara Presiden Prancis Emamanuel Macron terlihat menggunakan SUV Mercedes-Benz G-Class. Jenis G-Class ini merupakan mobil Mercedes yang didesain khusus untuk kepala negara, dilengkapi dengan sistem keamanan dan proteksi tinggi. Seluruh kacanya dapat dipastikan anti peluru.

(Foto; Dok. Motor)

4. Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak – Toyota Land Cruiser

Kemudian, Perdana Menteri Inggris yang baru, Rishi Sunak terpantau menggunakan kendaraan yang terbilang berbeda, yakni Toyota Land Cruiser GXR. Mobil buatan Jepang itu dilengkapi dengan proteksi anti peluru di bodi dan kacanya. Menariknya, tangki bahan bakar pada mobil ini juga dilapisi baja.

Toyota Land Cruiser (Foto; Chen Motors)

5. Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau – Toyota Land Cruiser

Tidak hanya Rishi Sunak, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau juga menggunakan jenis kendaraan yang tidak jauh beda, Toyota Land Cruiser.

6. Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese – Toyota Land Cruiser

7. Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan – Mercedes-Maybach S600 Guard

Mercedes-Maybach S600 Guard (Bitcar)

Selanjutnya, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan terlihat menggunakan mobil Mercedes-Maybach S600 Guard pada acara KTT G20 yang berlangsung di Bali. Mercedes-Benz S600 ini adalah  mobil yang biasa digunakan oleh kepala negara dengan sistem proteksi dan keamanan tinggi. Mobil ini sudah mendapat sertifikat perlindungan balistik tertinggi VR10.

8. Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida – Mercedes-Benz S600 Guard

Sementara Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida menggunakan Mercedes-Benz S600 Guard. Ini adalah mobil sedan berlapis anti peluru yang khusus didesain untuk para pemimpin negara.

9. Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-yeol, Mercedes-Benz S600 Guard

Kemudian, Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol juga terlihat menggunakan mobil yang sama dengan yang digunakan PM Jepang.

10. Perdana Menteri India, Narendra Modi – Mercedes-Benz G-Class

11. Kanselir Jerman, Olaf Scholz – Mercedes-Benz S600 Guard

12. Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov – Mercedes-Benz S-Class

13. Presiden Uni Emirat Arab, Mohammed bin Zayed Al Nahyan – Audi A8 Armor

Di sisi lain, Presiden UEA, Mohammed bin Zayed Al Nahyan menggunakan mobil dari merek berbeda, Audi A8L Security. Mobil buatan Jerman ini memiliki kemampuan yang dapat bertahan dari serangan tembakan, granat, dan senjata otomatis. Selain itu, Audi A8L Security dilengkapi ban khusus yang tetap bisa digunakan meski tidak ada tekanan udara.

Audi A8L (Dok. Driven)

14. Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong – Genesis G80

PM Singapura, Lee Hsien Loong menggunakan mobil listrik Genesis G80 Electrified. Ini adalah kendaraan listrik yang disediakan oleh pemerintah RI untuk kepala negara atas kemitraan dengan Hyundai Motors Indonesia. Kendati begitu, mobil tersebut diproduksi langsung di pabrik Hyundai Korea Selatan disertai logo khusus KTT G20.

Mobil listrik Genesis G80 Electrified. (Foto; Antara)

15. Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte – Genesis G80

16. Perdana Menteri Italia, Giorgia Meloni – Genesis G80

17. Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa – Genesis G80

18. Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen – Genesis G80

19. Menteri Luar Negeri Brasil, Carlos Alberto Franca – Genesis G80

20. Menteri Luar Negeri Mexico, Marcelo Ebrard Casaubon – Genesis G80

Demikian, daftar mobil canggih yang digunakan oleh para pemimpin negara di berbagai dunia dalam pertemuan KTT G20 Indonesia yang digelar di Bali, beberapa hari lalu.