Bagikan:

JAKARTA - Renault baru-baru ini merilis spesifikasi awal dari model 5 yang akan diproduksi tahun depan. Mobil ini akan dilengkapi dengan mesin listrik dan menggunakan platform EV CMF-B. Renault juga akan menggunakan 70% suku cadang dari Clio dan Captur untuk memangkas biaya produksi. 

Model 5 nantinya hanya akan menggunakan empat modul besar untuk modul baterai, yang dapat membantu memangkas berat mobil sebanyak 15 kilogram. Selain itu, mobil ini juga akan ditingkatkan pada bagian bawah bodi dengan menyambungkan baterai yang lebih baik ke dalam platform di sekitarnya. Untuk suspensi belakang, Renault akan menggunakan suspensi multi-link pada model 5 terbaru.

2
(Dok. Renault)

Saat ini, dilansir dari Motor1, Kamis, 30 Maret, Renault belum mengungkapkan spesifikasi daya pacu dari model 5 listrik. Namun, mereka menjamin bahwa mobil ini akan menggunakan motor listrik yang sama dengan Megane E-Tech Electric. Mobil ini sempat tertangkap dalam spyshot saat diuji coba dengan menggunakan bodi dari Clio. Perusahaan ini juga telah menguji sembilan kendaraan di Eropa Utara, Paris, dan Normandia.

Renault 5 adalah model ikonik yang pernah diproduksi oleh pabrikan asal Prancis pada masa lalu. Mobil ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1972 hingga 1996. Pada tahun 2021, Renault meluncurkan konsep dari Renault 5 EV. Selain itu, saudara perusahaan Renault, Alpine juga akan menggarap model 5 dengan versinya sendiri.