Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan otomotif Prancis, Renault, mengungkap teaser terbaru dari model hot hatch mereka, Renault 5 versi produksi yang akan ditenagai sepenuhnya oleh listrik.

Spekulasi tentang kemunculan Renault 5 versi produksi telah berlangsung lama, bahkan mobil ini telah terlihat dalam pengujian dengan stiker kamuflase di jalanan umum beberapa waktu yang lalu.

Mobil prototipe tersebut akhirnya diungkap dalam warna hitam dengan garis kuning atau merah yang menonjolkan lekukan bodinya. Dengan tampilan garis-garis tersebut, kita dapat membayangkan seperti apa bentuk tubuh dari hot hatch R5 ini.

Terdapat beberapa perubahan pada R5 model pra-produksi dibandingkan dengan versi konsep yang diluncurkan tahun lalu. Perubahan tersebut meliputi pegangan pintu konvensional, kaca spion yang lebih besar, bumper yang didesain ulang, dan sedikit perbedaan pada unit lampu LED.

Dengan perubahan tersebut, R5 terlihat lebih modern, sporty, dan dinamis dibandingkan dengan versi konsep yang lebih kaku. Desain R5 terbaru juga mengambil referensi dari generasi sebelumnya yang debut pada tahun 1972.

Panjang R5 baru diperkirakan sekitar 3,92 meter (154,3 inci), menjadikannya sedikit lebih pendek dari Clio yang memiliki panjang 4,05 meter (159,4 inci), sehingga lebih gesit untuk digunakan di perkotaan. Meskipun memiliki desain yang kompak, R5 terbaru menawarkan ruang kabin yang lapang untuk kelas B-Segment.

Menurut laman resmi Renault Group, Senin, 10 Juli, Renault R5 akan menggunakan platform terbaru, yaitu CMF-B EV, arsitektur yang sama dengan model Alpine A290_ß. R5 terbaru akan menjadi mobil listrik pertama dari Renault.

Mobil ini diperkirakan akan memiliki motor listrik di bagian depan dengan daya sebesar 134 dk, serta dilengkapi dengan baterai berkapasitas 40 kWh untuk versi dasar dan opsi dengan spesifikasi tinggi akan mendapatkan baterai 52 kWh yang memungkinkan hot hatch ini melaju hingga 400 km.

R5 akan diproduksi di pabrik Douai, Prancis utara, yang juga merupakan tempat pengembangan semua prototipe model produksi Renault di masa depan.

Diharapkan mobil ini akan diluncurkan di pasar Eropa pada tahun 2024 dan akan menggantikan model Zoe. Hal ini berarti Renault 5 akan diluncurkan bersamaan dengan Renault Clio yang juga akan mendapatkan pembaruan sebagai opsi alternatif dengan mesin pembakaran internal.