Revuelto Terima Estafet Lamborghini Aventador
Revuelto terbaru penerus Aventador. (Lamborghini)

Bagikan:

JAKARTA - Produsen supercar asal Italia, Lamborghini akhirnya resmi memperkenalkan nama Revuelto, model terbaru untuk meneruskan kejayaan Aventador.

Dari laman resmi Lamborghini, disebut Revuelto merupakan mobil pertama yang mengisi jajaran High Performance Electrified Vehicle (HPEV) untuk pabrikan tersebut. Revuelto juga dibuat dalam rangka merayakan hari jadi Lamborghini ke-60 tahun.

"Untuk Revuelto kami menginvestasikan sekitar 150 juta euro untuk area produksi dan teknologi baru, mencapai ukuran lebih dari 170.000 meter persegi dan ekspansi ini dilakukan tanpa mengganggu kelangsungan bisnis pabriks,” ungkap Ranieri Niccoli, Chief Manufacturing Officer Lamborghini di Twitter, 30 Maret 2023.

Serat karbon adalah elemen struktural utama dalam produksi Lamborghini Revuelto. Tidak hanya untuk sasis dan rangka mobil tetapi juga di semua elemen bodywork selain pintu dan bemper.

Dari sisi eksterior, sebagai pemula di dunia supercar Revuelto sedikit mengikuti gaya dari Aventador. Namun, Lamborghini menyematkan lampu berbentuk "Y" horizontal pada bagian depan yang merupakan identitas terbaru.

Dari sisi samping, sekilas tidak berbeda jauh dengan pendahulunya. Namun, tampilan pada bagian samping Revuelto terlihat lebih agresif dan kaku. Lalu berpindah pada bagian belakang, desainnya sedikit mengadopsi Huracan. Namun, bentuk bagian belakang agak memanjang seperti mobil balap bermesin 12-silinder lain milik Lamborghini, Essenza SCV12, serta ditambahkannya diffuser.

Revuelto dibekali mesin PHEV V12 6.500 cc naturally-aspirated ditambah tiga motor listrik dengan baterai 3,8 kWh. Revuelto dapat menghasilkan tenaga hingga 1.001 dk dan torsi 725 Nm. Berkat kinerja dari transmisi kopling ganda delapan percepatan, Revuelto dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 2,5 detik. Alhasil, kecepatan maksimalnya 350 km/jam.

“Mesin V12 telah menjadi bagian dari sejarah kami sejak awal. Itu yang menggerakkan mobil kami dan menjadikannya ikon di industri otomotif,” kata CEO Lamborghini, Stephan Winkelmann.

2
Rangkaian teknologi terkoneksi Revuelto. (Dok. Lamborghini)

Lamborghini juga menyediakan opsi mode berkendara untuk pengemudi, yakni Recharge, Hybrid, Performance, Citta, Strada, Sport, dan Corsa.

Belum ada konfirmasi mengenai harganya saat diluncurkan. Diperkirakan mobil tersebut akan dijual seharga 500.000 dolar AS atau kisaran Rp7,6 miliar.