Mobil Listrik Mungil Asal China Mendarat di Negeri Jiran
Foto : Neta V (sumber : Hozon Auto/Bagus Hafizh)

Bagikan:

JAKARTA - Negara China tidak henti-hentinya dalam memproduksi mobil listrik terbaru. Baru-baru ini, Hozon Auto akan membawa merek Neta ke Negeri Jiran Malaysia dengan menawarkan Electric Vehicle (EV).

Neta menawarkan tiga model pada pasar China, yakni Neta S, Neta U-II, dan Neta V. Dari ketiga model tersebut, hanya Neta V yang tersedia dalam laman Hozon Auto Malaysia dan media sosial.

Seperti yang dilaporkan pada laman paultan.org, Jum'at, 24 Maret 2023, mobil listrik tersebut sebenarnya sudah diperkenalkan pada tahun 2020 yang digandrungi platform HPC.

Neta V memiliki dimensi yang tergolong kecil, yakni dengan panjang 4.070 mm, lebar 1.690 mm, tinggi 1.540 mm dan wheelbase 2.420 mm.

Mobil listrik ini dilengkapi dengan pelek 16 inci, lampu proyektor halogen, lampu LED pada bagian belakang, keyless entry and start, panel instrumen sebesar 12 inci, rem parkir elektronik, layar sentuh 14,6 inci pada bagian dasbor, kursi depan listrik dua arah, serta dua airbag.

Neta V menawarkan fitur lainnya, mereka menyematkan auto brake hold, hill start assist, hill descent control, tyre pressure monitor, dan passive cruise control.

Sebelumnya, Neta V telah dijual di Thailand yang menyematkan baterai lithium-ion 38,5 kWh yang dapat menggerakkan motor listrik yang dipasang di depan dapat menghasilkan tenaga 94 dk dan torsi 150 Nm.

Memenuhi standar NEDC, Neta V dapat menempuh jarak sejauh 384 km. Model ini memiliki kecepatan tertinggi 101 km/jam dan dapat berakselerasi dari 0-50 km/jam dalam kurun 3,9 detik.

Mobil ini juga menawarkan sistem pengisian daya yang cepat. Neta V dapat menerima input AC maksimal (Tipe 2) sebesar 6,6 kW, dengan pengisian penuh memakan waktu delapan jam. Ada juga pengisian cepat DC sebesar 100 kW yang mendapatkan baterai dari status pengisian daya 30-80 persen hanya dalam 30 menit, sementara sistem vehicle-to-load (V2L) mengeluarkan hingga 3,3 kW untuk memberi daya pada aksesori eksternal.