Ora Black Cat, Kembaran Ora 03 yang Tampil di GIIAS 2023 Masuk Pasar Malaysia
Ora Black Cat (Ora R1). (Dok. CnEVPost)

Bagikan:

JAKARTA - Great Wall Motors (GWM) salah satu pabrikan mobil terbesar dari China yang baru-baru ini menghadirkan tiga sub-brandnya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, yakni Ora, Haval, dan Tank.

Namun dari kabar terbaru, GWM berniat untuk terus melebarkan sayap di pasar global dengan meluncurkan beberapa sub-brandnya ke beberapa negara. Salah satunya GWM melakukan terobosan dengan akan perbanyak model Ora di Negeri Jiran.

Diketahui, selama ini Ora Good Cat atau Ora 03 lebih dikenal pencinta otomotif berbeda dengan satu saudaranya yang belum banyak diketahui yaitu Ora R1 atau biasa disebut Ora Black Cat.

Dilansir dari Paultan, Kamis, 14 September, Ora Black Cat dikabarkan akan masuk ke pasar Malaysia setelah ada dalam daftar laman data.gov.my milik Departemen Statistik Malaysia, yang telah didaftarkan sebelumnya pada 2022 lalu.

Ora R1 diplot sebagai EV dengan harga terjangkau yang cocok digunakan di wilayah perkotaan. Mobil bertipe hatchback tersebut memiliki dimensi mungil dengan panjang 3.495 mm, lebar 1.660 mm, tinggi 1.560 mm, dan wheelbase 2.475 mm.

Agak sedikit berbeda dengan saudaranya, Ora R1 memiliki desain manis yang cukup familiar dari mobil listrik Honda e. Eksterior dari mobil ini memiliki lampu bulat seperti mata yang terbuka dengan bentuk yang sedikit mengotak. Ora R1 juga memiliki konsep yang "funky" dengan pemilihan warna yang sangat kontras.

Berbicara soal daya pacu, mobil ini memiliki motor listrik 48 dk dan torsi 125 Nm yang membuat mobil bertubuh imut tersebut dapat melaju hingga kecepatan 102 km/jam.

Sementara soal baterai, Ora R1 dibekali daya internal sebesar 33 kWh yang mampu membuat mobil tersebut melaju hingga 301 km dalam siklus NEDC.

Sebagai gambaran, saudaranya GWM Ora 03 memiliki desain yang sedikit lebih besar dari R1, dengan panjang 4.235 mm, lebar 1.825 mm, tinggi 1.596 mm, dan ground clearance setinggi 145 mm.

Mobil ini mengusung gaya hatchback lima pintu dengan satu motor listrik penggerak depan yang menghasilkan tenaga 143 dk dan torsi 230 Nm. Baterai berkapasitas 47,8 kWh lithium-ion mampu membawa mobil ini melaju hingga 400 km.

Harga pasti dari mobil ini belum diumumkan, tetapi diprediksi GWM Ora 03 akan hadir di pasar otomotif Indonesia tahun depan.