Lancia Merilis Gambar EV Terbaru, Mirip Stratos
Gambar Lancia EV terbaru yang terinspirasi dari Stratos. (Dok. Lancia)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa waktu lalu, Lancia mengungkapkan peralihan dari bahan bakar konvensional menuju dunia EV. Baru-baru ini, produsen mobil asal Italia ini merilis teaser mobil EV terbaru mereka.

Dilansir dari laman resmi Lancia, Rabu, 15 Maret, mobil Lancia EV terbaru ini terinspirasi dari salah satu model legenda milik mereka, Stratos. Pabrikan mengungkapkan hal ini pada acara "Emozione Pu-Ra" atau "Emotion Pure and Radical", serta rencana Lancia 10 tahun mendatang.

CEO Lancia, Luca Napolitano menyebut mobil EV tersebut memiliki lampu belakang LED berbentuk oval yang mengingatkan pada patung Pu+Ra Zero yang diperlihatkan pada November 2022. Emblem "Lancia" juga terlihat diperlebar di bagian belakang.

Ke depan, Lancia akan meluncurkan tiga mobil terbaru pada tahun 2028 dalam upayanya beralih ke mobil listrik menyasar pasar premium di Eropa sekaligus meninjau kembali perihal desain berdasarkan konsep patung "Pu+Ra Zero".

Model lain yang desainnya berdasarkan dari konsep "Pu+Ra Zero" tersebut ialah Ypsilon. Hatchback listrik itu akan dirilis pada tahun 2024, dengan menawarkan powertrain listrik sekaligus model listrik pertama Lancia dalam 30 tahun sejarah model tersebut.

Konsep tersebut juga ditinjau untuk penerus Lancia Delta. Pabrikan belum menyebutkan nama dari model tersebut. Ini menandai "era baru" untuk Lancia dan menunjukkan bagaimana penampilan merek tersebut untuk 100 tahun ke depan.

Dalam wawancara dengan Autosport, Jum'at, 17 Maret, Napolitano mengatakan bahwa Lancia juga akan fokus ke model kecil, kompak, dan unggulan yang tentunya akan sejalan dengan tradisi yang membuat Lancia dikenal di seluruh dunia.

Ia mengatakan bahwa saat ini adalah awal dari kebangkitan Lancia dan akan membuat Lancia menjadi merek yang dihormati, diinginkan, dan dapat diandalkan untuk pasar premium eropa.

"Hari ini adalah awal kebangkitan dari kami (Lancia) yang akan memukau para penggemar Lancia seluruh dunia. Lancia sekali lagi akan menjadi brand yang diinginkan, dihormati, dan dapat diandalkan pada pasar premium Eropa. Hari ini adalah awal bagi Lancia," pungkas Napolitano.