Bagikan:

JAKARTA - Dalam beberapa waktu terakhir, banyak pabrikan mulai membangkitkan kembali model ikonik masing-masing dengan ditenagai listrik. Seperti Renault yang akan menghidupkan kembali model 5 dan Lancia membangkitkan Stratos dalam bentuk mobil listrik.

Ford juga dikabarkan menyusul pabrikan lain menghidupkan kembali Capri versi terbaru dengan tenaga listrik. Rumor mengenai kembalinya Capri sudah berlangsung selama sedekade terakhir.

Dilansir dari Auto Express, Rabu, 29 Maret, rumor ini diperkuat dengan Ford mengatakan akan merilis mobil ikonik dengan tenaga listrik.

"Kami tidak mau berkomentar mengenai produk masa depan. Tapi, kami sedang dalam misi untuk membuat mobil ikonik bertenaga listrik," kata Ford yang dilansir dari Auto Express, Rabu, 29 Maret.

Inipun ditambah dengan pernyataan dari manajer desain Ford, Jordan Demkiw. Ia berujar, bahwa pihaknya akan ekspansi dalam pengembalian mobil ikonik Ford.

"Kami akan ekspansi dalam pembuatan model ikonik," ujarnya.

Beredar kabar juga mengatakan bahwa Capri akan menjadi salah satu andalan dalam jajaran Ford bersama Puma yang akan dialiri tenaga listrik dalam beberapa tahun ke depan. Dengan ini, kedua model tersebut akan menyusul Kuga, Explorer, Mustang, Bronco, Raptor, dan Transit.

Meskipun akan dibangkitkan, kemungkinan Capri generasi terbaru tidak mengusung gaya coupe, melainkan SUV-coupe yang teknologinya akan sama dengan mobil listrik terbaru Ford, Explorer.

Yang artinya, Ford Capri terbaru akan didasari oleh platform MEB milik Volkswagen. Ini merupakan bagian dari kesepakatan antara Ford dengan VW sebagai pemasok platform untuk model Explorer, Ranger, dan Amarok.

Walaupun akan memakai teknologi dari Explorer, Capri dari segi tampilan akan tampak berbeda. Mobil tersebut akan ditampilkan bagian depan lebih ramping dan akan disematkan lampu depan quad Capri terinspirasi tahun 80-an, dengan lampu LED.

Hal menarik lainnya yang akan muncul pada model Capri ialah powertrain. Mobil ini diperkirakan akan memiliki daya sebesar 330 dk dengan sistem penggerak empat roda (4WD) dan baterai 82 kWh yang dapat menghasilkan jarak tempuh hingga 482 km.

Ford Capri terbaru ini akan menawarkan pengisian daya yang cepat hingga 170 kW dan pengisian daya dari 10-80 persen hanya membutuhkan waktu 25 menit.

Ford Capri merupakan salah satu mobil ikonik yang pernah diproduksi oleh pabrikan asal Amerika Serikat tersebut. Model ini diproduksi pada tahun 1969 hingga 1986 dalam bentuk coupe.