Ide Gila Si Pemilik Subaru Tanamkan Mesin Ferrari!
Subaru WRX STI yang memiliki mesin Ferrari F136 V8 ( Foto: IG johnreedracing )

Bagikan:

JAKARTA - Pecinta ajang reli pasti sudah tidak asing dengan Subaru WRX STI. Terlebih lagi, WRX STI telah mengikuti berbagai ajang reli baik di kancah regional maupun dunia. Namun, pernahkah terlintas di pikiran bahwa Subaru WRX STI ditanam mesin Ferrari?

Sam Albert, memodifikasi Subaru WRX STI kesayangannya agar lebih kencang. Tidak tanggung-tanggung, mesin F1 ditaruh sebagai jeroan Subaru miliknya.

 Dikutip dari Carscoops, Albert menjelaskan ide gilanya dengan menaruh mesin Ferrari 136 V8 ke Subaru miliknya. Ia mengatakan bahwa mesin Ferrari memiliki keuntungan dalam hal kurva torsi dibandingkan dengan mesin asli Subaru, yaitu "flat-four" dan selama dia memakai mesin standar dibawah 4.500 cc, dia tidak perlu untuk batasi mesin.

Mesin buatan Jepang tersebut memang mencapai torsi yang lebih tinggi tapi juga turun dengan cepat.

Albert juga mempertahankan sistem gerak roda Subaru, All-Wheel Drive (AWD) dan girboks sekuensial dari pengaturan sebelumnya.

Meskipun begitu, Albert mengakui mobil ini memiliki kelemahan, yaitu distribusi bobot lebih berat pada bagian depan dibanding sebelum dimodifikasi.

Ia mengklaim Subaru WRX STI mampu menghasilkan tenaga 453 dk dan torsi 458 Nm.