Kontroversi Teori Evolusi Charles Darwin
Charles Darwin (Sumber: Wikimedia Commons)

JAKARTA - Hari ini, 24 November lebih dari satu abad lalu atau pada 1859 ilmuwan Charles Darwin memublikasikan karyanya yang fenomenal: On the Origin of Species. Darwin sebenarnya sudah merumuskan karya ilmiah yang menyoal teori evolusi tersebut 14 tahun sebelum diterbitkan. Namun ia memendam teorinya itu, menunggu waktu yang pas untuk diterbitkan, sebab dianggap bertentangan dengan agama.

Dalam teorinya, Darwin menyatakan bahwa organisme berevolusi secara bertahap melalui proses yang disebutnya seleksi alam. Dalam seleksi alam, organisme dengan variasi genetik yang sesuai dengan lingkungannya cenderung memperbanyak keturunan daripada organisme dari spesies yang sama yang tidak memiliki variasi, sehingga mempengaruhi susunan genetik spesies secara keseluruhan.

Darwin dipengaruhi oleh karya naturalis Prancis Jean-Baptiste de Lamarck dan ekonom Inggris Thomas Malthus. Dari mereka Darwin memperoleh sebagian besar bukti untuk teorinya selama survei ekspedisi yang dilakukan selama lima tahun di atas kapal HMS Beagle pada 1830-an.

Ia mengunjungi berbagai tempat seperti Kepulauan Galapagos dan Selandia Baru, serta memperoleh pengetahuan yang mendalam tentang flora, fauna, dan geologi di banyak negeri. Informasi ini, bersama dengan studinya tentang variasi dan kawin silang setelah kembali ke Inggris, terbukti sangat berharga dalam pengembangan teorinya tentang evolusi organik.

Mengutip History, Ide evolusi organik bukanlah hal baru. Sebelumnya kakek Darwin, Erasmus Darwin, seorang ilmuwan Inggris terkemuka, dan Lamarck, pernah mengungkapkan pada awal abad ke-19 tentang gambaran diagram evolusi pertama, tangga yang menuntun dari organisme bersel satu ke manusia. Namun, baru setelah Darwin, sains memberikan penjelasan praktis untuk fenomena evolusi.

Darwin telah merumuskan teorinya tentang seleksi alam pada 1844, tetapi ia berhati-hati untuk mengungkapkan tesisnya kepada publik karena hal itu sangat bertentangan dengan catatan alkitab tentang penciptaan. Pada 1858, barulah naturalis Inggris Alfred Russel Wallace secara independen menerbitkan sebuah makalah yang pada dasarnya meringkas teori Darwin.

Barulah setelahnya Darwin dan Wallace memberikan kuliah bersama tentang evolusi di Linnean Society of London pada Juli 1858. Saat itu Darwin mempersiapkan karya yang punya judul lengkap On the Origin of Species by Means of Natural Selection tersebut untuk publikasi.

Makalah On the Origin of Species (Sumber: Wikimedia Commons)

Diterbitkan pada 24 November 1859, On the Origin of Species langsung terjual habis. Kebanyakan ilmuwan dengan cepat menganut teori yang memecahkan begitu banyak teka-teki ilmu biologi, tetapi kaum Kristen ortodoks mengutuknya sebagai "hal yang tidak pernah diajarkan." Kontroversi atas ide-ide Darwin diperdalam dengan terbitnya The Descent of Man and Selection in Relation to Sex (1871), di mana ia menyajikan bukti evolusi manusia dari kera.

Pasca kematiannya pada 1882, teori evolusinya akhirnya mendapat pengakuan umum. Untuk menghormati karya ilmiahnya, ia dimakamkan di Westminster Abbey di samping raja, ratu, dan tokoh terkenal lainnya dari sejarah Inggris. Perkembangan selanjutnya dalam genetika dan biologi molekuler menyebabkan modifikasi dalam teori evolusi yang diterima, tetapi gagasan Darwin tetap menjadi inti bidang ini.

Teori seleksi alam

Evolusi melalui seleksi alam adalah salah satu teori terbaik yang dibuktikan dalam sejarah sains, didukung oleh bukti dari berbagai disiplin ilmu, termasuk paleontologi, geologi, genetika, dan biologi perkembangan.

Teori itu memiliki dua poin utama, kata Brian Richmond, kurator asal usul manusia di Museum Sejarah Alam Amerika di New York. "Semua kehidupan di Bumi terhubung dan terkait satu sama lain," dan keanekaragaman kehidupan ini adalah produk dari "modifikasi populasi melalui seleksi alam, di mana beberapa sifat lebih disukai di dalam dan lingkungan daripada yang lain," katanya.

Sementara itu Darwin berteori bahwa seleksi alam dapat menyebabkan mamalia darat berubah menjadi paus. Sebagai contoh hipotetis, Darwin menggunakan beruang hitam Amerika Utara, yang diketahui menangkap serangga dengan berenang di air dengan mulut terbuka.

"Saya tidak melihat kesulitan dalam perubahan beruang, melalui seleksi alam, struktur dan kebiasaan mereka lebih akuatik, dengan mulut yang lebih besar, sampai makhluk itu menjadi mengerikan seperti paus," kata Darwin.

Ide tersebut tidak diterima dengan baik oleh publik. Darwin sangat malu dengan ejekan yang diterimanya sehingga kutipan beruang renang dihapus pada buku edisi selanjutnya.

Mengutip Live Science, Para ilmuwan sekarang tahu bahwa Darwin memiliki gagasan yang benar tetapi hewan yang salah. Alih-alih beruang, dia seharusnya meneliti sapi dan kuda nil. Kisah asal usul paus adalah salah satu kisah evolusi yang paling menarik dan salah satu contoh terbaik yang dimiliki ilmuwan tentang seleksi alam.

Meskipun para ilmuwan dapat memprediksi seperti apa rupa paus purba, mereka tidak memiliki bukti fosil untuk mendukung klaim mereka. Ketidakhadiran fosil paus ini bukti bahwa evolusi tidak terjadi. Mereka mengejek gagasan Darwin akan adanya paus berjalan.

Bukti penting datang pada 1994, ketika ahli paleontologi menemukan sisa-sisa fosil Ambulocetus natans, seekor hewan yang namanya secara harfiah berarti "paus yang berenang-berjalan." Kaki depannya memiliki jari dan kuku kecil tetapi kaki belakangnya sangat besar. Hal itu jelas diadaptasi untuk berenang, tetapi juga mampu bergerak di darat, seperti anjing laut.

Saat berenang, makhluk purba itu bergerak seperti berang-berang, mendorong tubuh dengan kaki belakangnya dan menggoyangkan tulang punggung dan ekornya. Sementara paus modern mendorong diri mereka sendiri di air dengan ketukan kuat dengan ekor, tetapi Ambulocetus masih memiliki ekor seperti cambuk dan harus menggunakan kakinya untuk memberikan sebagian besar tenaga pendorong yang dibutuhkan untuk bergerak di air.

Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak spesies transisi ini, atau "mata rantai yang hilang", telah ditemukan. Hal itu tentu menguatkan teori Darwin.