Cucu Kedua Presiden Jokowi Lahir dalam Memori Hari Ini, 1 Agustus 2018
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana beserta keempat cucu mereka, Jan Ethes Srinarendra, La Lembah Manah, Sedah Mirah Nasution, dan Panembahan Al Ahyan Nasution di Pantai Nusa Dua Bali 6 Juni 2022. (Dok. BPMI Setpres)

Bagikan:

JAKARTA – Memori hari ini, empat tahun yang lalu, 1 Agustus 2018, putri dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu melahirkan seorang anak perempuan. Kelahiran cucu kedua Jokowi bertempat di Rumah Sakit YPK Mandiri, Menteng, Jakarta Pusat.

Bayi perempuan yang belum memiliki nama itu memiliki berat badan kurang lebih 3,4 kilogram dan panjang 49 cm. Sebelumnya, Jokowi sudah memiliki satu cucu laki-laki bernama Jan Ethes Srinarendra. Cucu itu dari anak pertamanya, Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda.

Kebahagiaan menjadi seorang kakek tiada dua. Presiden Jokowi pun merasakannya. Ia kerap menanti momentum dirinya punya cucu. Pucuk dicinta ulam tiba. Cucu pertama Jokowi, Jan Ethes Srinarendra lahir pada 10 Maret 2016.

Anak dari Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda lahir di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, Surakarta. Peristiwa itu membuat Jokowi dan istrinya langsung berkunjung ke rumah sakit. Jokowi senang bukan main mendapatkan cucu pertama.

Ibu Iriana Jokowi bersama Sedah Mirah Nasution. (Twitter@Jokowi)

Gibran pun dengan bangganya menyebut nama anaknya kepada awak media. Jan Ethes Srinarendra. Gibran juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada masyarakat atas doanya dan tim dokter karena telah banyak membantu persalinan istrinya.

Profesionalisme tim dokter berbuah manis. Menantu dan cucu Jokowi jadi selamat. Setelahnya, ucapan selamat atas kelahiran cucu Jokowi berdatangan dari pejabat dan khalayak umum. Salah satu ucapan muncul dari wakilnya sendiri: Jusuf Kalla (JK).  

“Sudah lancar semua, prosesnya cepat sekali. Ini Selvi masih di ruang recovery, bayinya sudah di kamar bayi. Terima kasih untuk doanya. Tadi beratnya 3,09 kg dan panjangnya 48,5 cm. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih banyak untuk tim dokter dari PKU, tadi pagi tanggap sekali. Terima kasih. Prosesnya cepat sekali, lancar. Terima kasih doanya,” ujar Gibran dikutip laman Sektretariat Kabinet.

Dua tahun setelahnya, Jokowi kembali ketiban rejeki. Anak keduanya, Kahiyang Ayu melahir anak pertamanya (kemudian diberi nama: Sedah Mirah Nasution) pada 1 Agustus 2018. Anak perempuan Kahiyang Ayu dan suaminya Bobby Afif Nasution jadi cucu kedua Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana.

Presiden Jokowi bersama Jan Ethes Srinarendra, Sedah Mirah Nasution, dan La Lembah Manah saat menghabiskan hari kedua Lebaran di halaman Istana Kepresidenan Yogyakarta pada 3 Mei 2022. (Antara/Biro Setpres/Lukas)

Jokowi senang bukan main. Kebagiaannya itu langsung dibagikan kepada awak media yang telah menunggunya di Rumah Sakit YPK Mandiri, Menteng, Jakarta Pusat.

“Alhamdulillah pukul 05.50 WIB telah lahir anak Bobby dan Kahiyang dalam keadaan sehat walafiat,” kata Presiden Jokowi di RS YPK Mandiri tersebut usai menjenguk cucu barunya itu sebagaimana dikutip laman Sekretariat Kabinet.

Saat ini Presiden Jokowi dan Ibu Iriana memiliki empat cucu, yaitu: Jan Ethes Srinarendra, La Lembah Manah, Sedah Mirah Nasution, dan Panembahan Al Ahyan Nasution.