<i>Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas</i> dalam Proses Produksi
Still Cut Film Seperti Dendam (Instagram @sepertidendamfilm)

Bagikan:

JAKARTA - Buku karya Eka Kurniawan yang berjudul Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas akan diadaptasi menjadi sebuah film layar lebar. Digarap Edwin, film ini sedang menjalani proses produksi.

Melalui sesi bincang di YouTube Kios Ojo Keos bersama Cholil dari Efek Rumah Kaca, Edwin dan Eka Kurniawan membicarakan proses kreatif dari memilih buku tersebut pada Rabu, 29 Juli. Awalnya, Edwin membaca buku tersebut beberapa tahun lalu karena judulnya yang asik.

“Pada saat (baca) babak pertama sudah terbayang visualnya. Kalau pun jadi sebuah film, ini memungkinkan banget,” jawab sutradara Aruna dan Lidahnya itu.

Ketika diajak menggarap buku menjadi sebuah film, Eka Kurniawan lantas percaya dengan kemampuan Edwin. Mereka pun jadi sering berkomunikasi dan tidak jarang Eka dilibatkan dalam proses syuting. Kabarnya, ada 10 persen twist yang berbeda dari buku.

Eka menjelaskan, Edwin sering mengiriminya berbagai informasi baru terkait proses produksi film. Dari sekadar tes kamera, lokasi, dan lain sebagainya. Menentukan lokasi pun juga tidak bisa asal, tetapi harus berlatar seperti tahun ‘80-an.

“Produksi enggak mungkin bela-belain mencar apalagi di tengah pandemi jadi syutingnya terbatas,” tukas Edwin saat ditanya prosesnya. Sehingga mereka baru melakukan sebagian pengambilan gambar di Pantura dan daerah sekitar seperti Cirebon, Indramayu, dan Kuningan.

Sebelum film Seperti Dendam, karya Eka lainnya yang berjudul Tak Ada yang Gila di Kota ini telah diadaptasi oleh Wregas Bhanuteja menjadi sebuah film pendek. Namun, Seperti Dendam menjadi film panjang pertama yang diadaptasi dari bukunya.

Selain itu, pemilihan karakter juga masih ditutup rapat oleh Palari Films sebagai rumah produksi. Baru ada Ladya Cheryl yang dikonfirmasi memerankan Iteung dalam film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas.

Ini merupakan kolaborasi Ladya dengan Edwin dalam proyek terbaru setelah film Babi Buta yang Ingin Terbang, Postcard From the Zoo, serta beberapa film pendek.

Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas bermula dari dua orang polisi yang memerkosa seorang perempuan dan dua bocah melihat kejadian tersebut melalui jendela. Seekor burung memutuskan untuk tidur di tengah kehidupan yang keras dan brutal.

Jika tidak ada halangan, film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas akan tayang pada 2021. Kita tunggu ya!