Aktor Gunawan Maryanto Meninggal, Sineas dan Pemain Film Indonesia Berduka
Gunawan Maryanto (Instagram @gunawanmaryanto)

Bagikan:

JAKARTA - Aktor Gunawan Maryanto meninggal dunia pada Rabu, 6 Oktober 2021. Kabar ini dibagikan sederet figur publik melalui media sosial.

Dalam sekejap media sosial bertaburan ucapan duka kepada pemain Istirahatlah Kata-Kata ini. Sutradara Gina S Noer menuliskan, “Salah satu yang terbaik telah berpulang. Beristirahatlah dengan tenang, Mas Gunawan Maryanto.”

Sutradara Yosep Anggi Noen juga membagikan foto Gunawan Maryanto dengan menambahkan kata, “Kedamaian abadi buatmu, Mas.”

Teater Garasi, tempat Gunawan bernaung juga membagikan kabar duka ini melalui akun media sosial mereka. “Mas Cindhil -- Gunawan Maryanto telah pergi meninggalkan kami semua. Kami tak tahu harus berkata apa.. Mohon maafkan jika ada kesalahan. Mohon doa.”

Gunawan Maryanto adalah seorang aktor teater yang sukses merambah ke sejumlah layar lebar. Dia juga menulis skenario dan penulis karya sastra.

Sosoknya mencuri perhatian ketika dia menjadi Wiji Thukul dalam film Istirahatlah Kata-Kata. Film itu membuat Gunawan meraih penghargaan Pemeran Utama Pria Terbaik di Usmar Ismail Awards.

Setelah itu, dia juga menjadi pemeran utama dalam The Science of Fictions karya Yosep Anggi Noen. Penghargaan Pemeran Utama Pria Terbaik kembali diperolehnya di Festival Film Indonesia (FFI) 2020.

Sederet sutradara dan aktor tanah air mengungkapkan rasa duka cita mereka di Instagram.

“Selamat jalan, mas Gun, terima kasih atas karya2mu .. dan itu semua akan selalu menjadi kenangan berharga.. Dan aku akan memainkan karyamu dengan sebaik mungkin,” kata Lukman Sardi.

“Satu lagi sahabatku berpulang. Gunawan Cindil Maryanto. Teman sanggar. Teman pertama banget bikin film di Jogja,” kata Hanung Bramantyo.

“Terbanglah ke semesta luas tanpa batas mas Cindhil you’re always in our heart. Forever. Karyamu tetap abadi!” kata Asmara Abigail.

"Selamat jalan mas Cindhil. Terima kasih untuk ajaran & kebaikanmu," tulis Widi Mulia.

Melansir akun Teater Garasi, jenazah Gunawan Maryanto akan dibawa ke rumah keluarga di Karang Malang, Yogyakarta pada hari ini, 7 Oktober pukul 13.00.

Gunawan Maryanto meninggal pada usia 45 tahun.