<i>Guru Guru Gokil</i> Jadi Film Indonesia Pertama Yang Tayang di Netflix di Tengah Pandemi
Poster Guru Guru Gokil (Twitter @gurugurugokil)

Bagikan:

JAKARTA - Pandemi COVID-19 masih menutup sejumlah industri termasuk bioskop. Alhasil, selama 4 bulan ini, masyarakat tidak bisa menyaksikan film rilisan terbaru baik dari luar maupun dalam negeri.

Kabar mengejutkan hadir pada Rabu, 15 Juli 2020. BASE Entertainment selaku rumah produksi mengumumkan film Guru Guru Gokil akan rilis perdana melalui layanan streaming OTT (over the top) Netflix. Film ini menjadi film Indonesia pertama yang memilih perilisan secara langsung di layanan streaming. Sebelumnya, film ini dijadwalkan tayang pada tahun 2020.

Guru Guru Gokil adalah film produksi BASE Entertainment yang diproduseri oleh Aktris Dian Sastrowardoyo. Film ini menceritakan perjuangan Taat (Gading Marten) yang menjadi guru pengganti di sebuah sekolah karena sebuah keadaan. Pertemanan dengan para guru di sekolah mengubah pemikirannya tentang kesuksesan.

Selain Gading Marten, ada Dian Sastrowardoyo, Faradina Mufti, Boris Bokir, Kevin Ardilova, dan Shakira Jasmine yang turut bermain dalam film arahan Sammaria Sari Simanjuntak ini. Naskahnya ditulis oleh Rahabi Mandra yang sebelumnya menulis Trinity: The Nekad Traveler dan Night Bus.

Kerja sama ini disambut positif baik dari Netflix maupun BASE Entertainment. Melalui Guru Guru Gokil, film ini bisa menjadi cara Indonesia memperkenalkan kualitas cerita di seluruh dunia. Apalagi film ini akan disiarkan melalui Netflix di 190 negara dengan 17 bahasa.

“Saya juga senang melihat bagaimana cerita para guru dari Indonesia akan menyentuh hati penonton di seluruh dunia dan penggemar kami di Indonesia,” kata Dian melalui unggahan Twitter @NetflixID.

Strategi ini menjadi yang perdana di Indonesia saat pandemi COVID-19. Sebelumnya, langkah ini diambil oleh Universal untuk film Trolls World Tour, Little Big Pictures dengan Time To Hunt, Warner Bros dengan SCOOB!, serta Paramount Pictures dengan SpongeBob: Sponge on the Run.

Sebelum Guru Guru Gokil, ada film The Night Comes For Us yang tayang di Netflix pada tahun 2018. Bedanya, film tersebut dirilis jauh sebelum ada pandemi.

Tanggal perilisan Guru Guru Gokil belum dirilis namun kabar ini menjadi kabar bahagia bagi penikmat film di Indonesia. Kalian bisa menunggu informasi lebih lanjut melalui akun Twitter @NetflixID.

Sementara itu, bioskop dikabarkan akan membuka bisnisnya pada 29 Juli mendatang. Sejumlah protokol kesehatan dibuat agar pengalaman menonton tetap menyenangkan.