Santana Lopez, Peran Fenomenal Naya Rivera
Naya Rivera (FOX)

Bagikan:

JAKARTA - Aktris Naya Rivera diumumkan meninggal pada Senin, 13 Juli waktu Amerika Serikat. Sebelumnya ia pergi berenang bersama anaknya di Danau Piru daerah Ventura pada Rabu, 8 Juli. Namun, ia menghilang setelah anaknya terlihat sendirian di atas kapal.

Setelah dilakukan pencarian selama sepekan, pemeran Glee itu ditemukan tidak bernyawa. Keluarga dan pemain Glee dikabarkan menunggu di Danau Piru.

Sepanjang kariernya, Naya Rivera dikenal dengan perannya sebagai Santana Lopez dalam serial televisi Glee. Meskipun menjadi pemeran pendukung, Rivera konsisten dengan karakternya sehingga perannya meninggalkan kesan baik.

Santana Lopez adalah seorang cheerleader utama di samping Quinn Fabray (Dianna Agron) dan Brittany Pierce (Heather Morris). Sebagai anggota cheerleader paling terkenal di William McKinley High School, Santana adalah seorang pribadi yang keras kepala dan intimidatif.

Ia yang sempat sulit menemukan jati diri seksualitasnya, memutuskan berhubungan dengan Brittany dengan serius. Hubungan ini menjadi highlight dan dipuji oleh penonton Glee karena kepiawaian Santana memotret karakter lesbian.

Rivera sadar, banyak yang menyudutkan karakter Santana Lopez dan membandingkannya dengan karakter lain. Tetapi, Rivera menampilkan Santana dengan serius sehingga ia menjadi karakter favorit penggemar Glee.

Stereotip anggota cheerleader yang angkuh dan egois berhasil dipatahkan Santana Lopez. Pada awal musim Glee, ia memang selalu mengintimidasi orang lain, salah satunya Rachel Berry (Lea Michelle) dengan menulis komentar buruk di laman MySpace milik Rachel.

Sempat membenci anggota Glee, semakin lama Santana menjalani kedekatan dengan anggota Glee dan mulai mengubah sifat dan pemikirannya. Klub bernyanyi Glee tidak sekadar terlihat klub dengan anggota yang lugu tetapi juga memiliki daya tariknya sendiri. Ia adalah pribadi yang jujur terhadap orang lain di saat yang lain memilih menyembunyikan perasaannya.

Ia juga sempat merendahkan klub nyanyi Glee, namun pada akhirnya ia mengatakan berada di dalam Glee adalah bagian terbaik dalam hari Santana Lopez. Peran ini menjadi karakter lesbian pertama di serial televisi dan Santana menjadi satu-satunya orang latin.

Soal suara, jangan meragukan kemampuan Santana Lopez menguasai panggung. Lagu solo perdananya, Valerie (dipopulerkan Amy Winehouse) mencuri perhatian pada kompetisi Sectionals di musim kedua. Suaranya yang khas dengan mencapai nada-nada tinggi membuat dirinya menjadi karakter yang mengagumkan.

Naya Rivera sering mendapat panggung solo untuk bernyanyi. Penonton Glee pasti hafal dengan suara Santana yang menyanyikan Mine milik Taylor Swift atau Girl on Fire dari Alicia Keys. Selain itu, ia mampu berharmonisasi dengan karakter lain saat tampil.

Santana Lopez adalah karakter yang menyadarkan bahwa tidak perlu menghakimi karakter seseorang karena kita tidak pernah tahu apa yang terjadi di belakangnya. Santana Lopez menjadi karakter fenomenal yang berhasil diperankan Naya Rivera dan akan dikenang oleh penggemar Glee seumur hidup. Selamat jalan, Naya Rivera.