Tretan Muslim Pernah Koleksi Foto-foto Senjata, Bersiap Jihad ke Palestina
Trestan Muslim (Foto: YT Daniel Mananta Network)

Bagikan:

JAKARTA - Komika Tretan Muslim sering menyinggung hal sensitif seperti agama dalam penampilannya. Dark jokes yang sering ia bawakan kerap menuai pro dan kontra di tengah masyarakat. Rupanya bahan bercandaan itu berasal dari pengalaman hidupnya sendiri.

Dalam obrolan di kanal YouTube Daniel Mananta Network, Tretan Muslim mengisahkan dia pernah ingin pergi berjihad ke Palestina.

"Waktu itu saya kepikirannya, Palestina sedang diserang, Islam sedang dihancurkan. Yang baru tahu sekarang itu konfliknya wilayah, politik dan sebagainya," kata Muslim dikutip Kamis, 16 September.

Demi niatnya tersebut, Trestan bahkan mengoleksi foto-foto senjata di akun Facebook-nya. "Dulu favorit saya itu Oshama Bin Laden, my favorit stuff itu senjata-senjata. Maksudnya, 'Ayo ajak aku ke Palestina, aku ingin membantu orang Islam itu'," ucapnya.

Muslim tak pernah berpikir mengenai terorisme karena yang ia pikirkan adalah membantu saudara muslim di Palestina. "Aku tidak menganggap itu teroris atau apa. Bayanganku adalah, Islam itu diserang. Daripada kita nganggur nih, enggak jelas. Mending kita mati syahid," terangnya.

Namun, niatnya berubah setelah bertemu dengan jalan untuk ke Palestina. Dia mamahami bahayanya belajar dari internet tanpa ada guru yang memandu.

"Sebenernya bahaya juga nggak ada guru. Kalau sampai bertemu oknum yang salah dan jahat, bisa saja Tretan Muslim bertindak nekat. Tapi mungkin kalau waktu itu ada orang brain wash saya, bisa aja saya ngebom Indonesia. Mungkin, ya," katanya.