Drama Korea <i>Backstreet Rookie</i> Dievaluasi Karena Sejumlah Kontroversi
Ji Chang Wook dan Kim Yoo Jung, pemeran Backstreet Rookie (SBS)

Bagikan:

JAKARTA - Sejak penayangan perdananya, drama Korea Backstreet Rookie menerima banyak protes dari penonton terkait beberapa hal. Pada Kamis, 9 Juni, Korea Communications Standards Commision (KOCSC) atau Komisi Standar Komunikasi Korea Selatan mengabarkan pehaknya sedang mengevaluasi drama ini.

Dibintangi Ji Chang Wook dan Kim Yoo Jung, drama ini dianggap kontroversi sebelum melakukan proses syuting. Jarak umur antara Ji Chang Wook dan Kim Yoo Jung dianggap tidak cocok mengingat drama ini diadaptasi dari webtoon dengan rating 19+.

Adegan berbau seksual menjadi kontroversi kedua yang mengiringi penayangan Backstreet Rookie. Pada awal episode, seorang murid sekolah menggoda orang dewasa untuk meminta rokok dan malah menciumnya. Ada juga adegan yang merekam anak sekolah menari dari bawah.

Ditambah adegan seorang penulis komik yang menggambar hal berbau seksual dan dipertontonkan secara eksplisit. Backstreet Rookie menerima lebih dari 6 ribu komplain dari masyarakat. Dilansir dari Soompi, KOCSC menuturkan drama ini menerima banyak komplain terbanyak dalam beberapa waktu belakangan.

Webtoon drama Backstreet Rookie yang 19+ ternyata tidak diaplikasikan sama dalam versi drama. Tim produksi malah memilih memasang rating 15+ dengan menyelipkan beberapa adegan yang dinilai tidak pantas untuk tayang di televisi. Dari segi angka rating, Backstreet Rookie juga tidak memiliki angka yang besar.

“Ketika melihat versi webtoon, remaja perempuan dilihat sebagai objek seksual oleh pria. Karena webtoon digunakan sebagai materi utama (drama), drama memiliki banyak adegan yang mengomodifikasi perempuan.

Heo Mi Sook selaku ketua KOSCS merasa drama ini tidak bisa ditonton secara menyenangkan jika menilik adegan-adegan tersebut.

Banyaknya komplain membuat beberapa adegan yang disebutkan dihapus dalam versi layanan streaming. Backstreet Rookie dibeli hak siarnya oleh iQiYi, sebuah layanan streaming yang berasal dari China.

Backstreet Rookie menceritakan Choi Dae Hyun (Ji Chang Wook), seorang pemilik supermarket yang bertemu dengan Jung Saet Byeol (Kim Yoo Jung), anak SMA. Saet Byeol ingin menjadi karyawan paruh waktu di supermarket milik Dae Hyun. Kebersamaan itu yang menimbulkan perasaan antara keduanya.

Sebuah hiburan memang selayaknya memberikan pengalaman yang menyenangkan tanpa perlu merendahkan salah satu pihak.