#LetTheMusicPlay, Kampanye Musisi Inggris untuk Bantu Pekerja Konser
Dua Lipa (Twitter @DUALIPA)

Bagikan:

JAKARTA - Pandemi COVID-19 yang masih berlangsung membuat situasi tidak kunjung reda. Beberapa sektor sudah kembali normal demi mempertahankan ekonomi tetapi tidak dengan sektor musik.

Sebuah kampanye bertajuk #LetTheMusicPlay diluncurkan untuk membantu mereka yang bekerja di industri panggung atau konser musik. Kampanye ini digiatkan oleh berbagai musisi asal Inggris, di antaranya, The Cure, Dua Lipa, Paul McCartney, Louis Tomlinson, Radiohead, Liam Gallagher dan masih banyak lainnya menandatangani petisi yang ditujukan kepada Oliver Dowden, Sekretaris Negara bagian Digital, Budaya, Media dan Olahraga.

Petisi ini dilakukan untuk membangkitkan industri panggung musik di Inggris dalam bentuk dukungan finansial bagi para musisi agar bisa bertahan. Dilansir dari NME, 92 persen bisnis festival mengalami risiko bangkrut sehingga pemerintah diharapkan bisa membantu.

Dalam surat terbuka itu, mereka tidak meminta bantuan pemerintah sepenuhnya. Namun melihat bisnis yang baru bisa dibuka kembali pada awal 2021 menjadikan dukungan pemerintah sangat dibutuhkan saat ini.

Pemerintah Inggris menunjuk dua sektor penting yang harus dipertahankan yaitu olahraga dan pub. Seharusnya, sektor panggung musik juga menjadi fokus mereka, mengingat sektor ini jadi salah satu potensi datangnya pundi-pundi poundsterling.

Melalui media sosial masing-masing, para musisi menceritakan kebahagiaan yang mereka rasakan saat menjalani tur dan bertemu dengan penggemar di panggung. Dan dari grup Bastille menuturkan, "Ketidakpastian ini dirasakan oleh semua sektor dan berefek kepada semua orang dari staf tempat, hingga teknisi, hingga orang yang pergi tur bersama artis. Pemerintah harus ikut membantu." Para musisi ini juga meminta penggemar untuk mengunggah keseruan menonton konser dengan tagar #LetTheMusicPlay.

Begitu juga Dua Lipa yang mengunggah video penampilannya dan menuliskan kerinduan untuk tampil dengan penggemar. Ia mengungkapkan bermain di panggung mana pun meninggalkan kesan yang indah bagi pelantun Don't Start Now ini.

Hingga saat ini, masyarakat masih belum diperbolehkan berkerumun atau berkumpul. Festival musik yang umumnya dikunjungi masyarakat tentunya harus dihentikan sampai situasinya aman.

Ada pun panggung festival yang menjadi agenda wajib di Inggris antara lain Glasgow West End Festival, Ozzfest, Summertime Ball, Glastonbury Festival dan masih banyak lainnya.