Berkat Drama <i>Hospital Playlist 2</i>, Pendonor Organ di Korea Selatan Meningkat 11x Lipat
Hospital Playlist (Twitter @CJnDrama)

Bagikan:

JAKARTA - Siapa sangka pengaruh drama Korea begitu besar dalam kehidupan? Hal ini terjadi dengan drama Korea Hospital Playlist 2 yang sedang tayang.

Melansir SportsChosun pada hari ini, 25 Agustus, sebuah organisasi untuk donor organ bernama Sarangi Organ Donation Movement menulis rasa syukur mereka berkat banyaknya orang yang mendaftar karena Hospital Playlist 2.

Mereka mengatakan, “Lewat Hospital Playlist 2, saya mengerti bahwa donor organ bisa membantu banyak jiwa dan berpengaruh dengan keluarga mereka.” Ada juga yang mengatakan, “Saya membuat keputusan setelah menonton Hospital Playlist 2.”

Hospital Playlist 2 mengisahkan kehidupan para dokter di rumah sakit Yulje dan bagaimana interaksi mereka dengan pasien.

Episode ketiga menceritakan dua orang ibu yang memiliki anak yang menantikan transplantasi jantung. Kemudian pada episode tujuh, seorang pria memutuskan untuk mendonorkan organ sang ibu yang didiagnosa mati otak.

Menurut National Organ Organization and Blood Management Institute, sebanyak 16.231 orang mendaftar untuk donor sejak Juli sampai awal Agustus.

Seminggu setelah episode tujuh ditayangkan, 7.042 orang mendaftar donasi organ. Hal ini menunjukkan Hospital Playlist 2 membawa peran besar dalam pendonoran.

Diketahui rating Hospital Playlist 2 sempat menurun pada episode tujuh yakni 10,6 persen. Setelah itu, perolehan rating semakin meningkat terutama pada episode sembilan yaitu 12,9 persen.