Penghargaan Golden Globes 2021 Diundur
Joaquin Phoenix dan piala Golden Globes (Instagram @goldenglobes)

Bagikan:

JAKARTA - Acara penghargaan untuk film dan serial Golden Globes memutuskan untuk mengundur penyelenggaraan acaranya tahun depan. Biasanya, acara ini diadakan setiap awal tahun namun harus diundur karena pandemi COVID-19.

Dipandu oleh Tina Fey dan Amy Poehler, acara ini akan diadakan pada 28 Februari 2021. Tidak hanya Golden Globes, sejumlah acara penghargaan lainnya seperti BAFTA dan Oscars juga memindahkan tanggal acaranya.

Oscar yang semula dijadwalkan tanggal 28 Februari menjadi 25 April 2021, sedangkan BAFTA dari 14 Februari menjadi 11 April 2021.

Selain tanggal acara, sejumlah aturan pun diubah karena situasi ini. Diketahui selama empat bulan lamanya, tidak ada film yang dirilis komersil melalui bioskop. Beberapa di antaranya bahkan melepas film ke layanan streaming.

Oleh sebab itu, film-film yang dirilis secara format televisi (streaming, kabel televisi, televisi) memiliki kesempatan untuk masuk ke nominasi Golden Globes dengan cara alternatif. Selain itu, aksi protes Black Lives Matter yang dilakukan beberapa waktu lalu juga mengubah pemikiran tim penyelenggara dalam memilih nominasi.

Nantinya, mereka menjanjikan nominasi yang dipilih sesuai dengan keanekaragaman dan menghargai berbagai suku maupun ras. Menghindari persaingan berlebih, tim juri juga berlaku adil dalam pemilihan nominasi.

Nominasi untuk Golden Globes 2021 tidak akan diumumkan dalam waktu dekat mengingat mereka masih berkoordinasi dalam mengatur pemilihan nominasi.