Faktor Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda
Ilustrasi (Gary Barnes/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Apakah rambut Anda mulai beruban di usia muda? Jika ya, apakah Anda sudah mengetahui penyebabnya? Mengutip laman Healthline, Senin, 16 Agustus, uban biasanya muncul karena kehilangan melanosit atau sel pigmen di folikel rambut.

“Rambut beruban disebabkan oleh hilangnya melanosit (sel pigmen) di folikel rambut. Ini terjadi seiring bertambahnya usia dan, sayangnya, tidak ada pengobatan yang dapat memulihkan sel-sel ini dan pigmen yang mereka hasilkan, melanin,” jelas Dr. Lindsey A. Bordone, seorang dokter kulit di Columbia Doctors dan asisten profesor dermatologi di Columbia University Medical Center di New York.

Lindsey juga menambahkan kalau uban yang muncul di usia disebabkan karena beberapa hal, seperti faktor genetik, kebiasaan merokok, kurang vitamin, dan stress.

Tak berkenti di situ, studi lainnya juga menyebut bahwa uban ‘prematur’ ini bisa muncul karena sindrom Werner.

Mengutip Greatist, sindrom Werner ini dapat menyebabkan beberapa gejala penuaan dini, termasuk di antaranya rambut rontok atau rambut beruban pada usia 25 tahun. Nah, sindrom Werner sendiri merupakan kelainan genetik yang membuat seseorang mengalami proses penuaan dengan lebih cepat.

Selanjutnya, penyebab kemunculan uban sejak dini juga bisa terjadi karena pemakaian sampo atau pewarna rambut yang mengandung bahan kimia yang terlalu keras, seperti hidrogen peroksida.

Menurut riset, hidrogen peroksida ini terbukti memicu stres oksidatif pada rambut. Efek buruknya, ya dapat memicu berbagai masalah, termasuk timbulnya uban sejak dini.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Melansir laman Herstory, menurut Kasey Nichols NMD, seorang dokter Arizona dan pakar kesehatan di Rave Reviews, beberapa cara untuk menunda kemunculan uban ini adalah makan makanan tinggi asam lemak omega-3,seperti kenari dan ikan berlemak.

Penting juga, Anda jangan menghabiskan terlalu banyak waktu di bawah sinar ultraviolet matahari yang merusak kulit dan rambut. Dan terakhir, coba deh rutin konsumsi vitamin B -12 dan suplemen vitamin B-6.