7 Kebiasaan yang Tidak Disadari Jadi Penyebab Ketombe
Ilustrasi kepala gatal (Unsplash/Darya Ogurtsova)

Bagikan:

JAKARTA – Selain rambut bercabang, rontok, dan kering, masalah ketombe juga seringkali dialami oleh berbagai usia. Tentu kulit kepala berketombe tidak membuat nyaman, apalagi jika memakai pakaian berwarna hitam akan membuat malu sebab butirannya dapat jatuh dan terlihat jelas.

Berdasarkan jenisnya ketombe ada empat, yaitu soriasis, dermatitis seboroik, karakter kulit kepala, dan disebabkan kesalahan memilih produk perawatan rambut. Untuk ketombe berkerak seringkali dialami oleh penderita psoriasis.

Untuk ketombe dermatitis seboroik, biasanya ukuran ketombe lebih besar daripada ketombe yang disebabkan oleh kebiasaan di bawah ini.

Jarang menyisir rambut

Meski menyisir setelah keramas saat rambut masih basah perlu dihindari, tetapi jarang menyisir rambut dapat menyebabkan masalah lain yaitu tumbuhnya butiran putih yang dikenal dengan ketombe. Paling direkomendasikan, sisir rambut setelah rambut kering agar tak memicu munculnya ketotmbe.

Lebih nyaman lagi, pilih sisir yang bersih dan tidak tajam geriginya. Dan sisirlah rambut secukupnya saja, sebab terlalu sering menyisir rambu menyebabkan helai-helai rambut tercerabut.

Konsumsi makanan yang banyak mengandung garam

Makanan yang terlalu banyak mengandung garam dapat jadi penyebab ketombe. Itu artinya, kurangi makanan yang asin atau camilan tidak sehat dengan tambahan bumbu perasa dam garam. Pola makan tidak sehat juga dapat menyebabkan ketombe.

Disarankan untuk mengurangi intensitas makan makanan yang terlalu pedas, junk food, dan manis untuk menghindari gangguan pada kulit kepala.

Menggunakan produk yang tidak cocok

Jika tidak cocok dengan satu produk perawatan rambut, segera hentikan memakainya. Selanjutnya, pilih sampo, kondisioner, krim rambut, dan minyak rambut sesuai karakter kulit kepala Anda.

penyebab ketombe
Ilustrasi kulit kepala berketombe (Unsplash/Element5 Digital)

Sulit mengontrol emosi

Setelah ceria kemudian sedih dan tertekan dapat memicu ketombe. Perubahan suasana hati yang ekstrim dan sulitnya mengontrol emosi tak hanya menyebabkan ketombe tetapi juga dapat mengganggu kondisi fisik.

Saat stres, tertekan, dan merasa sedih tanpa alasan jelas, cobalah menenangkan pikiran dengan relaksasi, olahraga, liburan atau aktivitas lain yang dapat membuat emosi lebih tenang.

Konsumsi alkohol terlalu sering

Pola hidup tidak sehat dapat menyebabkan masalah pada kesehatan, termasuk terlalu sering konsumsi alkohol. Dan ternyata sering mengonsumsi alkohol dapat memicu pertumbuhan ketombe di rambut.

Sering memakai hair spray

Setelah memakai hair spray, baiknya rambut langsung dibersihkan dengan keramas. Sisa-sisa hair spray yang dibiarkan lama menempel di rambut dapat jadi penyebab ketombe. Itu artinya perlu dipastikan rambut bersih setelah melakukan hair styling atau penataan rambut yang memakai bahan kimia.