Mengenang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Film <i>Wage</i> Kupas Sejarah Lagu <i>Indonesia Raya</i>
Film Wage

Bagikan:

JAKARTA - Menyambut hari kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, film-film bertema perjuangan dan sejarah layak ditonton ulang. Salah satunya film Wage. Film ini berkisah tentang perjuangan Wage Rudolf Supratman pencipta karya agung lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Wage Rudolf Supratman, atau yang lebih dikenal dengan WR Supratman lahir di Somongari, Purworejo, 19 Maret 1903. Ikut berjuang dalam pergerakan kemerdekaan lewat karya-karyanya sebagai komponis dengan menciptakan lagu- lagu kebangsaan.

Selain itu Wage muda juga berkarya sebagai jurnalis dan penulis buku. Semangat Wage untuk ikut serta dalam perjuangan, mengantarkan ia meninggalkan segala kemewahan dan terlibat dalam pergerakan kebangsaan, demi meraih kemerdekaan.

Salah satu karya besar Wage adalah lagu Indonesia Raya, yang menjadi lagu kebangsaan Indonesia. lirik lagu ini penuh nilai- nilai luhur jati diri bangsa. Lagu ini pertama kali dikumandangkan bersamaan dengan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928.

Selama berkarya dan berjuang dalam pergerakan kemerdekaan Wage muda ikut merasakan kejamnya tahanan Belanda sebagai resiko dari perjuangannya. Kisah perjuangan ini dikemas dalam film berdurasi 125 menit.

Tokoh Wage Rudolf Supratman diperankan oleh aktor Rendra Bagus Pamungkas dengan sutradara Jhon De Rantau. Ingin nonton? tvOne akan memutar film Wage pada hari minggu tanggal 15 Agustus 2021, pukul 21.00 WIB.