Lama Bungkam, David Ayer Bicara <i>Suicide Squad</i> Versi Director's Cut Miliknya
Suicide Squad (Warner Bros.)

Bagikan:

JAKARTA - Sutradara David Ayer mengunggah sebuah tulisan panjang mengenai sudut pandangnya akan film Suicide Squad yang diarahkannya pada tahun 2016.

Dengan judul “My Turn”, surat ini berisi penolakan Ayer terhadap editan versi studio dan bagaimana versi itu bukan milik dia.

“Versi studio bukan film saya. Baca kembali. Dan versi saya bukan Director’s Cut (yang dikerjakan) 10 minggu - ini diedit secara dewasa oleh Lee Smith dengan kerja yang hebat dari John Gilroy. Scoring brilian Steven Price tanpa satu pun lagu radio di dalamnya,” kata Ayer pada hari ini, Jumat, 30 Juli.

David Ayer juga menjelaskan beberapa orang sudah melihat Suicide Squad versinya namun dia menjelaskan “Jika seseorang berkata dia sudah melihatnya, sebenarnya mereka tidak.”

“Saya menaruh hidup saya untuk Suicide Squad. Saya membuat sesuatu yang bagus - Versi saya adalah perjalanan emosional dengan beberapa ‘orang jahat’ yang mengganggu tema yang meresonansi jiwa saya.”

Alasan mengapa dia tidak pernah berbicara tentang Suicide Squad versinya adalah dia tidak ingin menutup mulut akan kritikan dari berbagai pihak. “Saya diam dan melewati tsunami kritikan personal. Mengapa? Itu yang saya lakukan sepanjang hidup saya.”

Tulisan panjang David Ayer menjadi respons setelah Tim Grierson dari media Screen Daily menulis cuitan tentang film The Suicide Squad karya James Gunn yang akan rilis. Mereka membandingkan versi Gunn dengan Ayer dan menulis, “David Ayer memang harus membuang ide director’s cut itu.”

Terlepas dari perbandingan tersebut, David Ayer menyatakan dukungan penuh untuk James Gunn dan semua pihak yang terlibat.

“Saya bangga akan James dan menantikan kesuksesan yang akan datang. Saya mendukung WB dan senang franchise mendapatkan apa yang mereka butuhkan.”

Mengakhiri suratnya, David Ayer berbicara tidak akan membahas Suicide Squad versinya secara publik.

Saat pertama kali dirilis di tahun 2016, film Suicide Squad arahan David Ayer dihujani kritik negatif dari berbagai pihak. Tidak sedikit yang menganggap filmnya terlihat berbeda dari trailernya yang sangat gelap. Selain itu, soundtrack yang mengisi film didominasi deretan lagu rap serta hip hop.

Beberapa tahun setelahnya, sebuah sumber menyebutkan rumah produksi Warner Bros. melakukan beberapa perubahan dalam film menjelang perilisan termasuk mengedit bagian film.

Pada tahun 2020, penggemar DC sempat merilis tagar #ReleaseTheAyerCut yang meminta Warner Bros untuk merilis editan sebenarnya yang dibuat David Ayer. 

Semenatara itu, film The Suicide Squad akan tayang di HBO Max pada 6 Agustus mendatang.