Daniel Radcliffe Respons Pernyataan J.K. Rowling Tentang Transpuan
Daniel Radcliffe (tangkapan layar trailer Guns Akimbo)

Bagikan:

JAKARTA - Aktor Daniel Radcliffe membuka suara terkait cuitan J.K. Rowling di Twitter pada Senin, 8 Juni. Pemeran Harry Potter itu menuliskan sebuah esai yang dimulai dengan “Wanita transgender adalah wanita.”

Radcliffe mengunggah tulisannya melalui situs The Trevor Project, sebuah organisasi non profit yang berfokus terhadap pencegahan bunuh diri bagi kaum LGBTQ (Lesbian Gay Bisexual Transgender Queer).

Aktor berusia 30 tahun itu menyertakan sejumlah fakta bahwa 78 persen transgender melaporkan mereka mengalami diskriminasi karena identitas gender mereka.

"Kita perlu mendukung orang transgender dan non biner, bukan menghapuskan identitas mereka, dan tidak membahayakan,"

Daniel Radcliffe

Selain itu, Radcliffe juga menuturkan sebuah panduan singkat untuk Rowling agar memahami soal transgender melalui situs The Trevor Project.

Pemain Guns Akimbo ini menyadari banyaknya penggemar Harry Potter yang kecewa dengan pernyataan J.K. Rowling - yakni penulis buku favorit mereka. Radcliffe pun menambahkan responsnya kepada penggemar.

“Saya meminta maaf untuk rasa sakit atas komentar yang diberikan. Saya harap Anda tidak kehilangan nilai yang ada di dalam cerita (Harry Potter). Jika buku-buku ini mengajarkan Anda bahwa cinta adalah kekuatan terbesar dalam alam semesta, mampu mengatasi segalanya.”

“Jika mereka mengajarkan kekuatan ditemukan dalam keberagaaman, dan gagasan dogmatis mengenai kesucian mengarah pada penindasan kelompok rentan; jika Anda percaya karakter tertentu adalah trans, non biner, gender fluid, atau mereka gay atau biseksual; jika Anda menemukan sesuatu dalam cerita ini selaras dengan Anda dan membantu Anda kapan saja dalam hidup Anda - maka itu adalah antara Anda dan buku yang Anda baca, dan itu sakral. Dan menurut saya tidak ada yang bisa menyentuh itu. Ini berarti bagi Anda apa artinya bagi Anda dan saya harap komentar ini tidak akan terlalu mencemari itu,” tutup Daniel Radcliffe dalam pernyataannya.

Meskipun bertolak belakang dengan pendapat Rowling, namun ia berharap media tidak menganggap pernyataannya terdengar sebagai tanda bahwa ia dan Rowling bertengkar. Radcliffe merasa ia harus berbicara mengenai hal ini.

Sebelumnya, J.K. Rowling menulis sejumlah cuitan yang menyatakan ketidakberpihakannya terhadap kelompok transgender melalui akun Twitter-nya. "Saya mencintai orang-orang trans. Namun, menghapus konsep jenis kelamin menghilangkan kemampuan banyak orang untuk mendiskusikan kehidupan mereka secara lebih bermakna. Bukan kebencian bila Anda mengatakan yang sebenarnya," tambah Rowling.

Masuk akal jika Daniel Radcliffe ingin turun tangan mengenai hal ini. Pasalnya, ia bekerja sama dengan The Trevor Project selama 1 dekade lamanya. Bahkan, ia dianugerahi Hero Award oleh organisasi itu pada 2011 karena kontribusinya dalam membela kaum LGBTQ.