Akhir Kasus BoA yang Diduga Selundupkan Obat dari Jepang
kredit foto: BoA (Twitter @BoA_Official)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah beberapa bulan berlangsung, kasus BoA dan obat-obatan dari Jepang menemukan titik akhir.

Sebelumnya, pada 17 Desember 2020, acara 8 O’Clock News melaporkan ada seorang penyanyi hallyu “A” yang diduga membawa obat-obatan psikotropika dari Jepang, salah satunya Zolpidem.

Lebih lanjut, penyanyi A menerima resep obat psikotropika di Jepang atas nama staf agensi. Obatnya ditemukan ketika proses pemeriksaan sedang berlangsung. Agensi yang menaungi BoA, SM Entertainment membantah dugaan artisnya mencoba menyelundupkan obat-obatan tersebut.

"Staf kami menerima obat di rumah sakit setempat dengan mengikuti prosedur. Ia tidak menyadari bahwa itu bisa menjadi masalah di Korea Selatan walaupun obat tersebut biasa diresepkan di luar negeri," begitu bunyi pernyataan SM Entertainment.

SM pun menyebutkan staf dari kantor cabang tidak mengetahui proses pengiriman obat. Mereka tidak bermaksud untuk membawa obat secara ilegal.

“BoA baru-baru ini mendapat hasil check-up dan dokter memberitahu kalau ada penurunan dari hormon sehingga dia membutuhkan tidur yang cukup. Sesuai saran dokter, dia mengonsumsi obat tidur.”

BoA meminum obat yang sudah pernah dikonsumsinya selama di Jepang. Dia pernah mengalami efek samping dari obat tidur yang diterima dari dokter.

Meskipun begitu jaksa menyatakan tetap mendalami kasus untuk meninjau apakah ada kesengajaan di dalamnya. “Staf ini tidak mengetahui kalau izin pemerintah diperlukan dalam mengirimkan obat, bahkan mereka yang menerima izin harus membuat pernyataan.”

Jumat, 4 Juni, pihak jaksa tidak akan mengajukan tuntutan terhadap BoA dan staf atas import obat yang mereka lakukan.

“Staf yang mengirim obat ke Korea mendapat resep untuk BoA selama masa promosi artis yang bersangkutan di Jepang, tetapi tidak menyadari peraturan yang dibutuhkan dan tidak mendapat izin proper untuk produk obat-obatan.”

BoA dan staf tersebut berusaha mengikuti proses pemeriksaan dengan baik. “BoA dan staf menjelaskan detail obat dengan hati-hati, bagaimana mereka mengirim obat dari luar negeri, dan situasi terkait prosedur resmi, dan berpartisipasi dalam proses investigasi.”

BoA adalah penyanyi asal Korea Selatan yang debut pada tahun 2000. Dia dikenal sebagai salah satu bintang Asia karena turut menyebarkan budaya pop Korea secara langsung.

Selain di Korea Selatan, BoA juga sukses di Jepang. Dia menjadi penyanyi Korea Selatan yang menduduki tangga lagu Oricon Jepang dengan album perdananya. Pada tahun 2020, BoA merayakan debut ke 20 tahun dengan merilis album bertajuk Better.