<i>Midnight Sun</i> Ungkap Percintaan Vampir-Manusia dari Sudut Pandang Edward Cullen
Robert Pattinson dan Kristen Stewart (Instagram @twilight)

Bagikan:

JAKARTA - Dua belas tahun berlalu sejak seri terakhir Twilight tidak serta merta membuat Stephenie Meyer melupakan begitu saja kesuksesan cerita ini. Selasa, 5 Mei, sang penulis mengumumkan novel terbaru yang masih menjadi bagian dari semesta Twilight. Hanya saja, buku berjudul Midnight Sun ini diceritakan dari sudut pandang Edward Cullen.

Berawal dari teaser countdown misterius yang muncul dalam situs resmi Meyer, penulis semakin memperjelas hadirnya buku ini dengan sebuah cuitan. Sebelumnya, Midnight Sun dijadwalkan dilepas setelah novel Breaking Dawn. Namun, karena manuskrip yang bocor di internet membuat Meyer memutuskan untuk mengundur perilisannya dan menyimpan naskahnya tanpa mengeditnya kembali.

Setelah satu dekade lebih, Meyer mengambil kembali skrip tersebut dan memilih tetap merilis novelnya secara publik pada 4 Agustus mendatang. Layaknya Dilan milik Pidi Baiq, Midnight Sun akan menceritakan kembali pertemuan Edward Cullen dan Bella Swan yang diambil dari sudut pandang Cullen sebagai seorang vampir. Tentunya ini terdengar menarik karena selama ini pembaca selalu mendengar kisah Twilight dari perspektif Bella Swan sebagai manusia.

Dalam kisahnya kali ini, Cullen yang merupakan seorang vampir dengan jiwa tersiksa harus melawan kenyataan diri ketika mencintai seorang manusia, mangsa utama keluarganya. Ia menceritakan bagaimana perasaannya saat bertemu Bella pertama kali di sekolah dan akhirnya memulai perjalanan cinta meskipun ditentang oleh keluarga mereka.

Berbeda dengan Twilight yang lebih terdengar remaja, Midnight Sun akan menceritakan sisi lebih gelap walaupun akan dilabeli genre young adult. Selain target pembaca yang berubah, jadwal perilisan yang berubah mengubah beberapa sisi yang berbeda dari novel Twilight.

Menyoal adaptasi, Stephenie Meyer tidak  banyak membahas hal tersebut. Namun, dengan kembalinya cerita Twilight, penggemar bisa berharap banyak mengenai versi film. Apalagi karier Robert Pattinson dan Kristen Stewart  menanjak karena peran mereka sebagai Edward Cullen dan Bella Swan. Keduanya menjalani peran tersebut mulai dari buku pertama hingga terakhir, tetapi sayangnya, setelah berakhirnya cerita Twilight berakhir juga hubungan percintaan mereka. 

Saat ini, Pattinson dan Stewart dikenal sebagai aktor dan aktris dengan kemampuan akting mumpuni meskipun mereka sempat menerima olokan kala berperan sebagai pasangan vampir-manusia dalam film Twilight.

Kini, penggemar mulai menerka-nerka siapa yang pantas memerankan Cullen dan Swan di era saat ini. Daripada berdebat soal pilihan, lebih baik kita tunggu saja peluncuran buku Midnight Sun tiga bulan lagi.