Rekomendasi Film Vampir Terbaik Sepanjang Masa, Bikin Ngeri-ngeri Sedap
Horror Movies (Instagram/@Monarchchannel)

Bagikan:

JAKARTA - Keragaman antar negara ternyata tidak hanya dalam hal kuliner, arsitektur, atau kebiasaan masyarakatnya. Namun juga dalam hal hantu atau makhluk gaib. Jika Indonesia punya pocong dan genderuwo, negara-negara Eropa punya vampir.

Vampir menjadi tokoh film horor yang paling populer. Karakter hantu ini disebut juga dengan nama Dracula. Drakula memiliki ciri khas sebagai hantu yang darah manusia. Selain itu, hantu bertaring ini juga digambarkan takut dengan sinar matahari, bawah putih, dan tanda salib. Tiga hal itu bisa membuat mereka lemah.

Saking populernya, vampir telah diadaptasi dalam bentuk film oleh banyak negara lain di luar Eropa. Di Asia, film vampir dikenalkan oleh China dan Korea Selatan . Wujud vampir di setiap daerah pun berbeda-beda disesuaikan dengan budaya masyarakatnya.Tentu saja hal itu menjadi daya tarik tersendiri. 

Tokoh dracula yang biasanya digambarkan dalam film-film yang berasal dari novel karya Bram Stroker tahun 1897. Film horor yang mengadaptasi tokoh vampir pertama berjudul Nosferatu yang dirilis pada 1931. Kemudian film vampir mengalami perkembangan. Film ini mulai digarap dengan tema-tema yang beragam, seperti film vampir cinta, perburuan, komedi, dan sebagainya. 

Berikut rekomendasi film vampir terbaik sepanjang masa yang bisa menemani waktu luang anda. Selain cemilan, jangan lupa untuk menyiapkan nyali untuk menyambut menyambut yang merinding-merinding sedap. 

Drakula (1931)

Drakula 1931 (Wikimediacommons)

Film yang dirilis pada 1931 ini menceritakan tokoh bernama Count Dracula. Tokoh ini bertualang dari Transylvania ke Inggris untuk berburu mangsa, Ia menyergap manusia dan darah Rumania. 

Film yang dibintangi oleh Bela Lugosi, Helen Chandler, Dwight Frye, dan David Manners ini berangkat dari pementasan teater karya Hamilton Deane dan John L. Balderston, serta novel dengan judul sama ciptaan Bram Stoker.  

Cerita film ini diawali dengan seorang pengacara bernama Renfield yang berkunjung ke kastil Dracula untuk keperluan bisnis. Dracula ingn menyewa Biara Carfax di London. Singkat cerita Dracula pun bertemu perempuan bernama Mina. Mina jatuh cinta kepada Dracula. 

Penyamaran Dracula pun lama-lama terendus. Seorang dokter bernama Van Helsing menyingkap misteri Dracula dan melawannya dengan siasat.

Vampire vs Vampire (1989)

Vampir vs Vampir (Instagram/@iflix)

Film vampir ini merupakan produksi dari sineas negeri tirai bambu. Film yang diperankan oleh Lam Ching-ying, Sandra Ng, Chin Siu-ho, dan Maria Cordero ini mengusung nuansa horor komedi. Ketika menonton film ini, di tengah-tengah suasana tegang, anda akan dikejutkan dengan aksi-aksi yang mengocok perut.

Film vampir China terbaik ini bercerita tentang seorang pengusir hantu, yaitu pendeta beralis satu yang bernama Lam Ching-ying. Ia tinggal di kota kecil, dan sehari-hari hidup bersama dua muridnya Ah Fong dan Ah Ho.

Suatu ketika kehidupan mereka diganggu oleh adanya kontaminasi kelewar pada persediaan air. Masalah tersebut membawa mereka menemukan vampir Eropa yang jahat. 

Blood: The Last Vampire (2009)

Darah: Vampir Terakhir (Instagram/@the_movie_ginger)

Film horor ini diangkat dari manga berjudul Blood: The Last Vampire dan serial televisi. Film bergenre live-action ini dimainkan oleh Jun Ji-hyun, Liam Cunningham, Allison Miller, Koyuki, dan Masiela Lusha. 

Film tentang pemburu vampir ini mengisahkan seorang perempuan setengah manusia dan vampir yang bernama Saya. Ia berencana menumpas Onigen, yang mana merupakan vampir terkuat dan paling berkuasa. Dalam penyerangan tersebut ia bekerja sama dengan manusia.

Saya hidup pada 1970-an di Tokyo dan bekerja di organisasi rahasia pemburu vampir yang bernamaThe Council. Tujuannya bekerja di situ tidak lain tidak bukan adalah untuk menyerang Onigen. Ia pun melakukan penyamaran sebagai siswa SMA. Ia dibantu oleh Alice McKee, putri Jenderal Angkatan Udara AS. 

Hotel Transylvania (2012)

Hotel Transylvania (Instagram/@derekdrymonart)

Hotel Transylvania merupakan film vampir yang dikemas dalam bentuk animasi. Film ini cocok dijadikan tontotnan keluarga dan bisa dinikmati oleh anak-anak.Tokoh dalam film ini ada banyak, mulai dari manusia serigala, mumi, Frankenstein, dan sebagainya. Karakter-karakter dalam film ini diisi oleh Adam Sandler, Selena Gomez, dan Andy Samberg.

Hotel Transylvania pertama dirilis pada 2012. Kisah dimulai dari Count Dracula (Drac). Ia memiliki hotel yang menjadi asrama tinggal monster-monster dunia. Suatu ketika, saat putrinya bernama Mavis berulang tahun ke-18, seroang manusia datang sebagai tamu. Kisah seru sekaligus kocak pun kemudian terjadi.

Kemudian pada tahun 2015, film Hotel Transylvania 2 (2015) muncul. Di film ini, anggota Drac semakin banyak. Ia juga menyediakan penginapan bagi manusia. Setelah itu, Transylvania 3 keluar dengan judul Summer Vacation. Film edisi yang satu ini memanen paling banyak rating. 

Blade (1998)

Blade (Instagram/@marveldcnecaaction)

Blade merupakan film horor dengan genre action dan bernuansa heroik. Film garapan sutradara Stephen Norrington diangkat dari tulisan David S. Goyer. Tokoh utama film ini diperankan oleh Wesley Snipes.

Kisah dalam film ini dimulai ketika vampir menggigit seroang ibu yang sedang mengandung Blade.  Dampak dari gigitan tersebut membuat nyawa si ibu melayang, sementara bayinya selamat. Blade pun tumbuh menjadi pria yang memiliki kekuatan super.

Ketika sudah beranjak dewasa, Blade ingin balas dendam akan kematian ibunya. Ia berniat menumpas seluruh vampir yang ada di dunia dan menjaga kedamaian manusia. Rencana tersebut bocor ke telinga para vampir. Kisah seru dan menegangkan pun terjadi. 

Abraham Lincoln: Vampire Hunter (2012)

Abraham Lincoln: Vampir Hunter (Instagram/@jyrijii80)

Siapa yang tak kenal dengan Abraham Licoln? Presiden Amerika Serikat yang ke-16 ini diadaptasi menjadi tokoh karakter vampir. Film yang digarap oleh Timur Bekmambetov ini diambil dari novel karya Seth Grahame-Smith tahun 2012 dengan judul yang sama. 

Film ini mengisahkan tentang kehidupan Abraham Licoln. Ia diketahui mempunyai pekerjaan rahasia, yakni menjadi pemburu vampir. Awalnya, ketika kecil Lincoln mengalami tragedi buruk. Saat dewasa ia memiliki misi balas dendam dengan untuk menghabisi musuhnya. Musuh yang bernama Barts ternyata seorang vampir. Dalam perburuan tersebut, ia dibantu oleh temannya yang bernama Sturges.

Daybreakers (2009)

Daybreakers (Instagram/@btvcast)

Film vampir yang satu ini mengusung genre yang lebih modern yakni horror- Sci-Fi. Film besutan sutradara Michael & Peter Spierg ini dibintangi oleh Ethan Hawke, Williem Dafoe, dan Same Neil.

Film ini bercerita tentang menyebarnya sebuah vinus ganas yang mengancam warga dunia. Pandemi tersebut sangat mengerikan karena efek infeksinya bisa membuat orang menjadi vampir abadi.

Seorang ilmuwan bernama Edward Dalton menjadi vampir cerdas. Ia memikirkan cara untuk bisa memperoleh pasokan darah yang berlimpah dari manusia. Ia bersama pasukannya kemudian menculik manusia-manusia normal. Manusia tersebut tidak ia santap, namun ia teliti. 

Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa manusia akan punah. Edward pun cemas, karena tanpa adanya manusia vampir juga akan punah. Ia pun kemudian beralih justru melindungi manusia dan mengajak bekerja sama agar suplai darah tetap ada.

Itu tadi beberapa rekomendasi film vampir yang wajib anda tonton. Film-film tersebut telah memikat penonton pada masanya. Tentu saja juga masih menarik di tonton di masa sekarang. Anda juga bisa tahu bagaimana perbedaan film horor dahulu dan sekarang. Jadi tunggu apa lagi.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .