Ini 6 Bahaya Mengonsumsi Teh saat Perut Kosong!
Ilustrasi (Burst/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Selain kopi, teh jadi minuman pengawal hari yang populer. Bahkan beberapa orang merasa kurang berenergi kalau belum menyesap teh di pagi hari.

Minum teh pun baik untuk kesehatan karena teh mengandung sejumlah nutrisi penting. Salah satu senyawanya yaitu katekin, tinggi antioksidan yang baik untuk imunitas dan metabolisme tubuh.Teh juga terdiri dari beberapa jenis dengan profil aroma dan rasa berbeda. Ada teh hijau, teh putih, hingga teh hitam yang populer.

Tapi siapa sangka minum teh di pagi hari ada aturannya. Para pakar kesehatan merekomendasikan tak minum teh dalam kondisi perut kosong karena kurang baik untuk kesehatan. Dilansir dari Bold Sky, Rabu, 5 Mei, berikut enam efek minum teh dalam kondisi perut kosong di pagi hari:

Mengganggu aktivitas metabolisme tubuh

Kebiasaan langsung minum teh usai bangun tidur ternyata bisa mengganggu sistem metabolisme tubuh. Hal ini karena ketidakseimbangan senyawa asam dan alkalin dalam perut.

Erosi enamel gigi

Selain itu, minum teh dalam keadaan perut kosong juga bisa menyebabkan erosi pada enamel gigi. Ini terjadi karena bakteri dalam mulut akan memecah gula, yang berakibat pada peningkatan kadar asam dalam mulut. Pada akhirnya kondisi ini memicu erosi enamel gigi.

Dehidrasi

Efek lainnya adalah tubuh akan dehidrasi alias kekurangan cairan. Sebab teh bersifat diuretik dimana bisa menyingkirkan kandungan air dalam tubuh. Saat Anda bangun tidur, tubuh sebenarnya sudah dehidrasi karena Anda tak minum hingga 8 jam. Nah, jika ditambah dengan minum teh yang sifatnya diuretik, bukan tak mungkin tubuh akan alami dehidrasi parah.

Kembung

Efek minum teh dalam kondisi perut kosong selanjutnya adalah merasa kembung. Biasanya terjadi saat Anda minum teh dengan campuran susu. Adanya kandungan laktosa tinggi pada susu bisa mempengaruhi kondisi usus yang kosong. Hal inilah yang berakibat pada perut kembung, bergas, hingga alami sembelit.

Mual

Hal lain yang sering dirasakan orang saat minum teh dalam kondisi perut kosong adalah mual. Ini karena aktivitas empedu terganggu. Efek sampingnya berupa mual dan perasaan gelisah.

Berkurangnya penyerapan zat besi

Teh hijau bisa menurunkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi secara alami. Orang yang alami anemia sebaiknya tak minum teh dalam keadaan perut kosong, karena bisa menurunkan tingkat penyerapan zat besi dalam tubuh dari sumber makanan lain.