Jenis Penyakit yang Dapat Muncul karena Keturunan
Ilustrasi (Polina Tankilevitch/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Penyakit keturunan merupakan penyakit yang terjadi akibat mutasi genetik. Ini merupakan penyakit yang terjadi pada orang-orang yang memiliki hubungan darah dari generasi ke generasi. Penyebab utama penyakit yang dapat diturunkan adalah adanya kelainan genetik yang dibawa orang tua. 

Penyakit keturunan biasanya susah untuk disembuhkan sebab penyakit tersebut telah dibawa dalam gen seseorang dan terjadi pada sel-sel tubuh yang sudah terbentuk sejak sebelum lahir. Agar Anda semakin paham tentang penyakit keturunan, maka VOI akan berbagi informasi terkait jenis-jenis penyakit apa saja yang dapat muncul karena keturunan. Berikut diantaranya yang paling umum:

Hemofilia

Hemofilia atau penyakit pembekuan darah merupakan salah satu penyakit keturunan yang susah disembuhkan. Jika tubuh seorang penderita hemofilia terluka, maka kemungkinan besar akan memakan waktu pengobatan cukup lama karena cukup sulit untuk menghentikan pendarahan pada luka.

Diabetes

Selain hemofilia, diabetes juga merupakan penyakit keturunan. Penyakit ini sering terjadi sejak masa kecil. Pengidap penyakit diabetes turunan biasanya masuk dalam golongan diabetes tipe 1. Jika Anda sudah mengetahui riwayat penyakit orang tua Anda, sebaiknya atur pola makan dan jauhi makanan manis.

Kanker

Tidak hanya faktor pola hidup, Penyakit kanker bisa juga melalui keturunan. Namun, penyakit ini memiliki kemungkinan yang kecil sekitar 5 persen hingga 10 persen. Tetap saja Anda perlu mencari tahu jika Anda memiliki penyakit keturunan tersebut karena akan mewarisi kepada keturunan setelah berkeluarga.

Thalasemia

Thalasemia merupakan penyakit yang menyerang darah. Anak yang lahir dari orang tua pengidap thalasemia akan hidup bersama penyakit anemia sehingga perlu transfusi darah terus menerus.

Asma

Salah satu penyakit yang dapat diturunkan pada keturunan adalah asma. Asma termasuk penyakit genetik karena kelainan gen diturunkan dari orang tua ke anak. Namun, pola keturunannya tidak sederhana dengan mengurutkan kromosom maupun gen dari orang tua.