Penyebab Kolesterol Tinggi pada Anak dan Cara Mengatasinya, Jangan Diabaikan Moms!
Ilustasi kolesterol tinggi pada anak (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Penyakit kolesterol tidak hanya dialami oleh orang dewasa, namun juga bisa terjadi pada anak-anak. Masalah kesehatan ini  berpotensi menyebabkan anak-anak terkena penyakit jantung seiring nanti bertambahnya usia. Oleh karena itu orang tua wajib tahu penyebab kolesterol tinggi pada anak dan cara mengatasinya. 

Kolesterol sebenarnya berperan penting untuk membangun jaringan tubuh dan memprofuksi hormon seks, asalkan dalam kadar yang cukup. Namun jika kadar kolesterol terlalu tinggi maka dapat menyebabkan penumpukkan plak di pembuluh darah arteri. Kondisi ini akan membuat terganggunya aliran darah ke jantung. 

Apabila kolesterol tinggi pada anak tidak segera diatasi maka dapat menyebabkan risiko penyakit di kemudian hari, seperti stroke dan penyakit jantung. 

Penyebab Kolesterol Tinggi pada Anak

Kolesterol tinggi pada anak bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Biasanya tiga faktor utama yang membuat kadar kolesterol meningkat tinggi, yaitu pola makan tidak sehat, keturunan, dan obesitas. 

Keturunan

Faktor keturunan bisa menjadi penyebab tingginya kadar kolesterol pada anak. Apabila orang tua memiliki kadar kolesterol tinggi maka bisa jadi anaknya juga akan mengalami kondisi yang sama. 

Pola Makan

Makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans tinggi bisa membuat kadar kolesterol meningkat. Jenis-jenis makanan tersebut, di antaranya daging, susu, gorengan, daging olahan. Anak-anak dengan pola makan yang tidak teratur berpotensi mengalami kolesterol tinggi. 

Obesitas

Obesitas pada anak juga bisa menyebabkan tingginya kadar kolesterol. Obesitas biasanya disebabkan oleh pola makan yang buruk dan kurangnya aktivitas fisik. 

Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi pada Anak

Ada beberapa tips atau treatmen yang bisa dilakukan orang tua untuk mencegah kolesterol tinggi pada anak. Berikut sejumlah cara yang bisa dilakukan. 

Mengurangi Makanan Tinggi Kolesterol

Cara paling efektif yang bisa diterapkan pada anak adalah membatasi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kolesterol tinggi. Misalnya makanan yang mengandung lemak jenuh, lemak trans, serta gula. Selain itu, saat membuat makanan untuk anak biasakan memilih bahan-bahan yang lebih sehat. 

Menerapkan Pola Makan Sehat

Orang tua juga perlu menerapkan pola makan sehat agar anak tidak mengalami kolesterol tinggi. Caranya yakni dengan menyajikan makanan rendah lemak jenuh dan lemak trans, makanan kaya serat, makanan kaya protein, dan buah-buahan segar bagi anak. 

Mengajak Anak Rutin Berolahraga

Untuk menghindari kolesterol tinggi pada anak, orang tua juga bisa mengajak buah hati untuk berolahraga secara teratur. Anak perlu didorong untuk aktif bergerak, paling tidak melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda, renang, dan sebagainya. 

Demikianlah ulasan mengenai penyebab kolesterol tinggi pada anak dan cara mengatasinya. Setiap orang tua wajib selalu memperhatikan kesehatan anaknya, termasuk memantau kadar kolesterolnya. Sebab anak-anak dengan kolesterol tinggi, jika dibiarkan akan menyebabkan masalah kesehatan lebih parah di kemudian hari. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.